RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Satuan Pendidikan : Madrasah Aliyah
Mata Pelajaran : Qur'an Hadits
Kelas/Semester : X / Ganjil
Alokasi Waktu : 2 jam pelajaran
A. Standar Kompetensi:
1. Memahami pengertian Al-Qur’an dan bukti keotentikannya
B. Kompetensi Dasar
1.1 Menjelaskan pengertian al-Qur’an menurut para ahli
C. Indikator Keberhasilan Belajar :
§ Menguraikan pengertian al-Qur’an menurut bahasa
§ Menjelaskan pengertian al-Qur'an menurut beberapa pendapat para ahli.
§ Menyimpulkan pengertian al-Qur'an dari beberapa pendapat para ahli.
D. Materi Pembelajaran :
§ Pengertian al-Qur'an menurut bahasa
§ Pengertian menurut pendapat para ahli:
– Muhammad Abduh
– Muhammad Khudhari Beik
– Muhammad Ali al-Shabuny
– Shubhi Ash-Shalih.
E. Metode Pembelajaran
§ Model : Kooperatif Learning (Small Group Discussion)
§ Metode : Ceramah; Tanya jawab; Diskusi; Penugasan; Kerja kelompok; Refleksi
F. Langkah Pembelajaran :
o Pendahuluaan
§ Siswa membaca do’a dilanjutkan membaca beberapa ayat Al-Qur’an.
§ Guru menjelaskan kompetensi yang harus dicapai siswa dalam kegiatan pembelajaran
§ Guru menanyakan tujuan dan manfaat mempelajari al-Qur’an
o Kegiatan Inti
§ Siswa dibagi beberapa kelompok. Setiap kelompok 4 siswa.
§ Masing-masing kelompok membaca literatur untuk menggali pendapat para ahli tentang pengertian al-Qur'an
§ Masing-masing kelompok mendiskusikan tentang masalah berikut:
– Pengertian al-Qur’an menurut bahasa
– Pengertian al-Qur’an menurut istilah berdasarkan pendapat para ahli .
– Persamaan dan perbedaan pengertian al-Qur’an menurut pendapat para ahli.
– Membuat rumusan dengan bahasa sendiri pengertian al-Qur’an menurut istilah.
§ Masing-masing perwakilan kelompok menyampaikan hasil diskusi.
§ Guru memberikan penilaian/pengukuhan pada masing-masing kelompok
§ Tanya jawab tentang maksud yang terkandung dalam pengertian al-Qur’an
§ Menyimpulkan pengertian al-Qur’an
o Penutup
§ Siswa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru secara lisan.
§ Guru memberikan motivasi kepada siswa untuk memperbanyak membaca al-Qur’an.
§ Guru memberikan tugas mengerjakan soal yang telah disiapkan.
§ Refleksi/Aplikasi Quantum.
§ Guru bersama siswa mengumandangkan syair/do’a senandung Al-Qur’an secara khidmat
G. Sumber Belajar :
§ Buku pelajaran siswa.
§ Depag. Al-Qur'an dan Terjemahannya
§ Depag, al-Qur'an dan Tafsirnya
§ Masyfuk Zuhdi,Pengantar ulumul Qur'an
§ Muhammad Ali Ash-Shabuuny,Studi Ilmu al-Qur'an
§ Muhammad Amin Suma, Sudi ilmu-ilmu al-Qur'an
§ Muhammad bin Alawi al-Maliki Al-Hasni, Zubdah al-Itqan fi 'Ulum al-Qur'an
§ M. Quraish Shihab, Membumikan al-Qur'an
§ TM. Hashbi Ash-Shiddiqi, Sejarah dan Pengantar Ilmu Al-Qur’an
H. Penilaian :
o Penilaian Proses
o Penilaian Hasil
§ Jenis Tagihan:
– Tes Tulis
– Tugas
§ Bentuk instrumen
– Tes Subyektif
– Tugas Individual
Mengetahui, Kepala MA …………………………… | | …………….. …….., 20….. Guru Mata Pelajaran …………………………… |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Satuan Pendidikan : Madrasah Aliyah
Mata Pelajaran : Qur'an Hadits
Kelas/Semester : X / Ganjil
Alokasi Waktu : 2 jam pelajaran
A. Standar Kompetensi:
1. Memahami pengertian Al-Qur’an dan bukti keotentikannya
B. Kompetensi Dasar
1.2 Membuktikan keautentikan al-Qur’an ditinjau dari segi keunikan redaksinya, kemukjizatannya, dan sejarahnya
C. Indikator Keberhasilan Belajar :
§ Menjelaskan pengertian mukjizat menurut Bahasa dan istilah
§ Menjelaskan keautentikan al-Qur’an berdasarkan bukti-bukti al-Qur’an sendiri.
§ Menjelaskan keautentikan al-Qur’an dari sejarah turun sampai pembukuannya.
§ Menjelaskan keautentikan al-Qur’an dari segi keindahan dan ketelitian redaksinya
§ Menjelaskan keautentikan al-Qur’an dari aspek pemberitaan gaibnya
§ Menjelaskan keautentikan al-Qur’an aspek isyarat ilmiahnya
D. Materi Pembelajaran :
§ Bukti keautentikan al-Qur’an ditinjau dari:
– Bukti-bukti dari al-Qur’an sendiri
– Buki-bukti kesejarahan
§ Bukti kebenaran al-Qur’an, ditinjau dari tiga aspek:
– aspek keindahan dan ketelitian redaksi-redaksinya
– aspek pemberitaan gaibnya
– Aspek isyarat ilmiahnya.
E. Metode Pembelajaran
§ Model : Kooperatif Learning (Small Group Discussion)
§ Metode : Ceramah; Tanya jawab; Diskusi; Penugasan; Kerja kelompok; Refleksi
F. Langkah Pembelajaran :
o Pendahuluaan
§ Siswa membaca do’a dilanjutkan membaca beberapa ayat Al-Qur’an.
§ Guru menjelaskan kompetensi yang harus dicapai siswa dalam kegiatan pembelajaran
§ Guru menanyakan tujuan dan manfaat mempelajari al-Qur’an
o Kegiatan Inti
§ Siswa diagi beberapa kelompok.
§ Semua kelmpok membaca literatur untuk menemukan pemahaman tentang keautentikan al-Qur’an
§ Memperhatikan tayangan melalui media audio visual tentang kemukjizatan al-Quir’an sambil mencatat inti materi
§ Tanya jawab tentang pengertian mukjizat.
§ Mendiskusikan masalah keautentikan al-Qur’an ditinjau dari bukti-bukti dari al-Qur’an sendiri
– buki-bukti kesejarahan
– Bukti kebenaran al-Qur’an.
§ Menyimpulkan hasil diskusi kelompok
o Penutup
§ Siswa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru secara lisan.
§ Guru memberikan motivasi kepada siswa untuk memperbanyak membaca al-Qur’an.
§ Guru memberikan tugas mengerjakan soal yang telah disiapkan.
§ Refleksi/Aplikasi Quantum.
§ Guru bersama siswa mengumandangkan syair/do’a senandung Al-Qur’an secara khidmat
G. Sumber Belajar :
§ Buku pelajaran siswa.
§ Depag. Al-Qur'an dan Terjemahannya
§ Depag, al-Qur'an dan Tafsirnya
§ Masyfuk Zuhdi,Pengantar ulumul Qur'an
§ Muhammad Ali Ash-Shabuuny,Studi Ilmu al-Qur'an
§ Muhammad Amin Suma, Sudi ilmu-ilmu al-Qur'an
§ Muhammad bin Alawi al-Maliki Al-Hasni, Zubdah al-Itqan fi 'Ulum al-Qur'an
§ M. Quraish Shihab, Membumikan al-Qur'an
§ TM. Hashbi Ash-Shiddiqi, Sejarah dan Pengantar Ilmu Al-Qur’an
H. Penilaian :
o Penilaian Proses
o Penilaian Hasil
§ Jenis Tagihan:
– Tes Tulis
– Tugas
§ Bentuk instrumen
– Tes Subyektif
– Tugas Individual
Mengetahui, Kepala MA …………………………… | | …………….. …….., 20….. Guru Mata Pelajaran …………………………… |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Satuan Pendidikan : Madrasah Aliyah
Mata Pelajaran : Qur'an Hadits
Kelas/Semester : X / Ganjil
Alokasi Waktu : 2 jam pelajaran
A. Standar Kompetensi:
1. Memahami pengertian Al-Qur’an dan bukti keotentikannya
B. Kompetensi Dasar
1.3 Menunjukkan prilaku orang yang meyakini kebenaran al-Qur’an
C. Indikator Keberhasilan Belajar :
§ Menjelaskan bahwa al- Qur’an merupakan wahyu Allah, bukan buatan Nabi Muhammad saw.
§ Menunjukkan bukti kebenaran al-Qur’an yang dikemukakan dalam ayat berisi tantangan yang sifatnya bertahap
§ Menunjukkan contoh orang yang meyakini kebenaran al-Qur’an
§ Menggunakan al-Qur’an seagai pedoman dalam menyelesaikan permasalahan.
D. Materi Pembelajaran :
§ QS. Ath-Thur:34; QS Huud: 13; QS Yunus: 38; dan QS Al-Baqarah: 23.
E. Metode Pembelajaran
§ Model : Kooperatif Learning (Small Group Discussion)
§ Metode : Ceramah; Tanya jawab; Diskusi; Penugasan; Kerja kelompok; Refleksi
F. Langkah Pembelajaran :
o Pendahuluaan
§ Siswa membaca do’a dilanjutkan membaca beberapa ayat Al-Qur’an.
§ Guru menjelaskan kompetensi yang harus dicapai siswa dalam kegiatan pembelajaran
§ Guru menanyakan tujuan dan manfaat mempelajari al-Qur’an
o Kegiatan Inti
§ Tanya jawab tentang bukti-bukti kebenaran al-Qur’an.
§ Siswa diagi menjadi beberapa kelompok.
§ Membaca ayat yang berkaitan dengan bukti-bukti kebenaran al-Qur’an QS. Ath-Thur:34; QS Huud: 13; QS Yunus: 38; dan QS Al-Baqarah: 23.
§ Secara berpasangan saling menyimak kemampuan mengartikan makna mufrodat dan terjemah masing-masing ayat.
§ Mendiskusikan kandungan ayat dan bukti kebenaran al-Qur’an
o Penutup
§ Siswa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru secara lisan.
§ Guru memberikan motivasi kepada siswa untuk memperbanyak membaca al-Qur’an.
§ Guru memberikan tugas mengerjakan soal yang telah disiapkan.
§ Refleksi/Aplikasi Quantum.
§ Guru bersama siswa mengumandangkan syair/do’a senandung Al-Qur’an secara khidmat
G. Sumber Belajar :
§ Buku pelajaran siswa.
§ Depag. Al-Qur'an dan Terjemahannya
§ Depag, al-Qur'an dan Tafsirnya
§ Masyfuk Zuhdi,Pengantar ulumul Qur'an
§ Muhammad Ali Ash-Shabuuny,Studi Ilmu al-Qur'an
§ Muhammad Amin Suma, Sudi ilmu-ilmu al-Qur'an
§ Muhammad bin Alawi al-Maliki Al-Hasni, Zubdah al-Itqan fi 'Ulum al-Qur'an
§ M. Quraish Shihab, Membumikan al-Qur'an
§ TM. Hashbi Ash-Shiddiqi, Sejarah dan Pengantar Ilmu Al-Qur’an
H. Penilaian :
o Penilaian Proses
o Penilaian Hasil
§ Jenis Tagihan:
– Tes Tulis
– Tugas
§ Bentuk instrumen
– Tes Subyektif
– Tugas Individual
Mengetahui, Kepala MA …………………………… | | …………….. …….., 20….. Guru Mata Pelajaran …………………………… |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Satuan Pendidikan : Madrasah Aliyah
Mata Pelajaran : Qur'an Hadits
Kelas/Semester : X / Ganjil
Alokasi Waktu : 2 jam pelajaran
A. Standar Kompetensi:
2. Memahami isi pokok ajaran al-Qur’an
B. Kompetensi Dasar
2.1 Mengidentifikasi isi pokok ajaran al-Qur’an
C. Indikator Keberhasilan Belajar :
§ Menyebutkan isi pokok- al-Qur’an
§ Menjelaskan maksud aqidah
§ Menjelaskan maksud ibadah dan muamalah
§ Menjelaskan maksud akhlak
§ Menjelaskan maksud hukum
§ Menjelaskan maksud sejarah
§ Menjelaskan isyarat pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
D. Materi Pembelajaran :
§ Isi pokok al-Qur’an meliputi
- Aqidah
- Ibadah dan Muamalah
- Akhlak
- Hukum
- Sejarah
§ Isyarat pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi
E. Metode Pembelajaran
§ Model : Kooperatif Learning (Small Group Discussion)
§ Metode : Ceramah; Tanya jawab; Diskusi; Penugasan; Kerja kelompok; Refleksi
F. Langkah Pembelajaran :
o Pendahuluaan
§ Siswa membaca do’a dilanjutkan membaca beberapa ayat Al-Qur’an.
§ Guru menjelaskan kompetensi yang harus dicapai siswa dalam kegiatan pembelajaran
§ Guru menanyakan tujuan dan manfaat mempelajari al-Qur’an
o Kegiatan Inti
§ Studi pustaka untuk menggali materi yang berkaitan dengan isi pokok al-Qur’an
§ Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok
§ Masing-masing kelomok melaksanakan tanya jawab tentang isi pokok al-Qur’an secara garis besar.
§ Membahas satu persatu dari masing-masing isi pokok al-Qur’an
§ Menyimpulkan hasil diskusi kelompok.
o Penutup
§ Siswa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru secara lisan.
§ Guru memberikan motivasi kepada siswa untuk memperbanyak membaca al-Qur’an.
§ Guru memberikan tugas mengerjakan soal yang telah disiapkan.
§ Refleksi/Aplikasi Quantum.
§ Guru bersama siswa mengumandangkan syair/do’a senandung Al-Qur’an secara khidmat
G. Sumber Belajar :
§ Buku pelajaran siswa
§ Depag. Al-Qur’an dan Terjemahannya
§ Masyfuk Zuhdi,Pengantar ulumul Qur'an
§ M. Quraish Shihab, Membumikan al-Qur'an
§ Referensi perpustakaan
§ Internet
H. Penilaian :
o Penilaian Proses
o Penilaian Hasil
§ Jenis Tagihan:
– Tes Tulis
– Tugas
§ Bentuk instrumen
– Tes Subyektif
– Tugas Individual
Mengetahui, Kepala MA …………………………… | | …………….. …….., 20….. Guru Mata Pelajaran …………………………… |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Satuan Pendidikan : Madrasah Aliyah
Mata Pelajaran : Qur'an Hadits
Kelas/Semester : X / Ganjil
Alokasi Waktu : 2 jam pelajaran
A. Standar Kompetensi:
2. Memahami isi pokok ajaran al-Qur’an
B. Kompetensi Dasar
2.2 Menunjukkan ayat yang terkait dengan isi pokok ajaran al-Qur’an
C. Indikator Keberhasilan Belajar :
§ Membaca masing-masing ayat secara fasih.
§ Menyebutkan makna mufrodat masing-masing ayat yang terkait dengan isi pokok al-Qur’an
§ Mengartikan -QS Al-Ikhlash:1-4
§ Mengartikan QS Al-Fatihah:5
§ MengartikanQS.Al-Qalam:4 dan QSAl-Ahzab:21
§ MengartikanQS An Nisa’:105
§ MengartikanQS Al-Furqan : 37-39
§ MengartikanQS Az-Zumar:9.
D. Materi Pembelajaran :
§ QS Al-Ikhlash:1-4
§ QS Al-Fatihah:5
§ QS.Al-Qalam:4 dan QS Al-Ahzab:21
§ QS An Nisa’:105
§ QS Al-Furqan : 37-39
§ QS Az-Zumar:9
E. Metode Pembelajaran
§ Model : Kooperatif Learning (Small Group Discussion)
§ Metode : Ceramah; Tanya jawab; Diskusi; Penugasan; Kerja kelompok; Refleksi
F. Langkah Pembelajaran :
o Pendahuluaan
§ Siswa membaca do’a dilanjutkan membaca beberapa ayat Al-Qur’an.
§ Guru menjelaskan kompetensi yang harus dicapai siswa dalam kegiatan pembelajaran
§ Guru menanyakan tujuan dan manfaat mempelajari al-Qur’an
o Kegiatan Inti
§ Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok.
§ Masing-masing kelompok membaca ayat tentang poko isi al-Qur’an dan saling menyimak sambil membetulkan bacaan apabila ada bacaan yang salah.
§ Tanya jawab makna mufrodat ayat
§ Secara berpasangan siswa saling menyimak untuk mengartikan masing-masing ayat yang terkait dengan isi pokok al-Qur’an
o Penutup
§ Siswa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru secara lisan.
§ Guru memberikan motivasi kepada siswa untuk memperbanyak membaca al-Qur’an.
§ Guru memberikan tugas mengerjakan soal yang telah disiapkan.
§ Refleksi/Aplikasi Quantum.
§ Guru bersama siswa mengumandangkan syair/do’a senandung Al-Qur’an secara khidmat
G. Sumber Belajar :
§ Buku pelajaran siswa
§ Depag. Al-Qur’an dan Terjemahannya
§ Masyfuk Zuhdi,Pengantar ulumul Qur'an
§ M. Quraish Shihab, Membumikan al-Qur'an
§ Referensi perpustakaan
§ Internet
H. Penilaian :
o Penilaian Proses
o Penilaian Hasil
§ Jenis Tagihan:
– Tes Tulis
– Tugas
§ Bentuk instrumen
– Tes Subyektif
– Tugas Individual
Mengetahui, Kepala MA …………………………… | | …………….. …….., 20….. Guru Mata Pelajaran …………………………… |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Satuan Pendidikan : Madrasah Aliyah
Mata Pelajaran : Qur'an Hadits
Kelas/Semester : X / Ganjil
Alokasi Waktu : 2 jam pelajaran
A. Standar Kompetensi:
2. Memahami isi pokok ajaran al-Qur’an
B. Kompetensi Dasar
2.3 Menjelaskan kandungan ayat yang terkait dengan isi pokok ajaran al-Qur’an
C. Indikator Keberhasilan Belajar :
§ Menjelaskan kewajiban mengesa-kan Allah sebagaimana dalam QS Al-Ihlas:1-4
§ Menjelaskan kewajiban beribadah dan memohon pertolongan hanya kepada Allah dalam QS.Al-Fatihah:5
§ Menjelaskan kewajiban berakhlak baik dan meneladani akhlak Rasu-lullah dalam QS.al-Qalam:4 dan QS Al-Ahzab:21
§ Menjelaskan kisah-kisah para Nabi terdahulu dalam QS.Al-Qalam:4 dan QSAl-Ahzab:21
§ Menjelaskan isyarat mengembang-kan ilmu pengetahuan dalam QS Az-Zumar:9
D. Materi Pembelajaran :
§ Penjelasan dari:
- QS Al-Ikhlash:1-4
- QS Al-Fatihah:5
- QS.Al-Qalam:4 dan QSAl-Ahzab:21
- QS An Nisa’:105
- QS Al-Furqan : 37-39
- QS Az-Zumar:9
E. Metode Pembelajaran
§ Model : Kooperatif Learning (Small Group Discussion)
§ Metode : Ceramah; Tanya jawab; Diskusi; Penugasan; Kerja kelompok; Refleksi
F. Langkah Pembelajaran :
o Pendahuluaan
§ Siswa membaca do’a dilanjutkan membaca beberapa ayat Al-Qur’an.
§ Guru menjelaskan kompetensi yang harus dicapai siswa dalam kegiatan pembelajaran
§ Guru menanyakan tujuan dan manfaat mempelajari al-Qur’an
o Kegiatan Inti
§ Membaca literatur yang berkaitan dengan tafsir al-Qur’an
§ Secara berkelompok mendiskusikan kandungan masing –masing ayat yang terkait dengan isi pokok al-Qur’an.
§ Menyimpulkan hasil diskusi
o Penutup
§ Siswa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru secara lisan.
§ Guru memberikan motivasi kepada siswa untuk memperbanyak membaca al-Qur’an.
§ Guru memberikan tugas mengerjakan soal yang telah disiapkan.
§ Refleksi/Aplikasi Quantum.
§ Guru bersama siswa mengumandangkan syair/do’a senandung Al-Qur’an secara khidmat
G. Sumber Belajar :
§ Buku pelajaran siswa
§ Depag. Al-Qur’an dan Terjemahannya
§ Hamka, Tafsir al-Azhar,Jakarta, Pustaka Panjimas
§ K.H.Q.Shaleh. H.A.A. Dahlan. Asbabun Nuzul
§ M.Quraish Shihab,Tafsir al-Mishbah.
§ Referensi perpustakaan
§ Internet
H. Penilaian :
o Penilaian Proses
o Penilaian Hasil
§ Jenis Tagihan:
– Tes Tulis
– Tugas
§ Bentuk instrumen
– Tes Subyektif
– Tugas Individual
Mengetahui, Kepala MA …………………………… | | …………….. …….., 20….. Guru Mata Pelajaran …………………………… |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Satuan Pendidikan : Madrasah Aliyah
Mata Pelajaran : Qur'an Hadits
Kelas/Semester : X / Ganjil
Alokasi Waktu : 2 jam pelajaran
A. Standar Kompetensi:
2. Memahami isi pokok ajaran al-Qur’an
B. Kompetensi Dasar
2.4 Menerapkan kandungan ayat yang terkait dengan isi pokok ajaran
C. Indikator Keberhasilan Belajar :
§ Membuktikan dalam kehidupan untuk tidak melakukan perbuatan syirik.
§ Melaksanakan ibadah hanya karena Allah.
§ Menunjukkan sikap hanya kepada Allah memohon pertolongan.
§ Membiasakan berakhlak yang mulia dalam kehidupan.
§ Menggunakan al-Qur’an sebagai penegak hukum.
§ Menyimpulkan kisah-kisah para Nabi .
§ Melakukan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi
D. Materi Pembelajaran :
§ Kandungan dari:
- QS Al-Ikhlash:1-4
- QS Al-Fatihah:5
- QS.Al-Qalam:4 dan QSAl-Ahzab:21
- QS An Nisa’:105
- QS Al-Furqan : 37-39
- QS Az-Zumar:9
E. Metode Pembelajaran
§ Model : Kooperatif Learning (Small Group Discussion)
§ Metode : Ceramah; Tanya jawab; Diskusi; Penugasan; Kerja kelompok; Refleksi
F. Langkah Pembelajaran :
o Pendahuluaan
§ Siswa membaca do’a dilanjutkan membaca beberapa ayat Al-Qur’an.
§ Guru menjelaskan kompetensi yang harus dicapai siswa dalam kegiatan pembelajaran
§ Guru menanyakan tujuan dan manfaat mempelajari al-Qur’an
o Kegiatan Inti
§ Membaca literatur untuk menggali kandungan ayat yang terkait dengan isi pokok al-Qur’an.
§ Siswa dibagi beberapa kelompok.
§ Memperhatikan beberpa kejadian di lingkungan masyarakat melalui beberapa sumber belajar.
§ Mendiskusikan bagaimana menerapkan kandungan QS al-Ikhlash: 1-4; QS Al-Fatihah:5; QS.Al-Qalam:4 dan QSAl-Ahzab:21; QS An- Nisa’:105; QS Al-Furqan : 37-39; QS Az-Zumar:9 dalam kehidupan sehari-hari.
o Penutup
§ Siswa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru secara lisan.
§ Guru memberikan motivasi kepada siswa untuk memperbanyak membaca al-Qur’an.
§ Guru memberikan tugas mengerjakan soal yang telah disiapkan.
§ Refleksi/Aplikasi Quantum.
§ Guru bersama siswa mengumandangkan syair/do’a senandung Al-Qur’an secara khidmat
G. Sumber Belajar :
§ Buku pelajaran siswa
§ Depag. Al-Qur’an dan Terjemahannya
§ Hamka, Tafsir al-Azhar,Jakarta , Pustaka Panjimas
§ K.H.Q.Shaleh. H.A.A. Dahlan. Asbabun Nuzul
§ M.Quraish Shihab,Tafsir al-Mishbah.
§ Referensi perpustakaan
§ Internet
H. Penilaian :
o Penilaian Proses
o Penilaian Hasil
§ Jenis Tagihan:
– Tes Tulis
– Tugas
§ Bentuk instrumen
– Tes Subyektif
– Tugas Individual
Mengetahui, Kepala MA …………………………… | | …………….. …….., 20….. Guru Mata Pelajaran …………………………… |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Satuan Pendidikan : Madrasah Aliyah
Mata Pelajaran : Qur'an Hadits
Kelas/Semester : X / Ganjil
Alokasi Waktu : 2 jam pelajaran
A. Standar Kompetensi:
3. Memahami fungsi al-Qur'an dalam kehidupan
B. Kompetensi Dasar
3.1 Mendeskripsi-kan fungsi al-Qur’an
C. Indikator Keberhasilan Belajar :
§ Menjelaskan fungsi al-Qur’an bagi kehidupan manusia
§ Menguraikan fungsi al-Qur’an sebagai sumber hukum
§ Menjelaskan Fungsi al-Qur’an sebagai petunjuk
§ Menjelaskan fungsi al-Qur’an sebagai peringatan dan pelajaran
D. Materi Pembelajaran :
§ Fungsi al-Qur'an sebagai :
- Petunjuk bagi manusia
- Sumber hukum
- peringatan dan pelajaran bagi manusia.
E. Metode Pembelajaran
§ Model : Kooperatif Learning (Small Group Discussion)
§ Metode : Ceramah; Tanya jawab; Diskusi; Penugasan; Kerja kelompok; Refleksi
F. Langkah Pembelajaran :
o Pendahuluaan
§ Siswa membaca do’a dilanjutkan membaca beberapa ayat Al-Qur’an.
§ Guru menjelaskan kompetensi yang harus dicapai siswa dalam kegiatan pembelajaran
§ Guru menanyakan tujuan dan manfaat mempelajari al-Qur’an
o Kegiatan Inti
§ Membaca materi yang berkaitan dengan fungsi al-Qur’an
§ Tanya jawab tentang fungsi al-Qur'an secara garis besar.
§ Membahas satu persatu dari fungsi al-Qur’an
o Penutup
§ Siswa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru secara lisan.
§ Guru memberikan motivasi kepada siswa untuk memperbanyak membaca al-Qur’an.
§ Guru memberikan tugas mengerjakan soal yang telah disiapkan.
§ Refleksi/Aplikasi Quantum.
§ Guru bersama siswa mengumandangkan syair/do’a senandung Al-Qur’an secara khidmat
G. Sumber Belajar :
§ Buku pelajaran siswa
§ Depag. Al-Qur’an dan Terjemahannya
§ M. Quraish Shihab, Membumikan al-Qur'an
§ Referensi perpustakaan
§ Internet
H. Penilaian :
o Penilaian Proses
o Penilaian Hasil
§ Jenis Tagihan:
– Tes Tulis
– Tugas
§ Bentuk instrumen
– Tes Subyektif
– Tugas Individual
Mengetahui, Kepala MA …………………………… | | …………….. …….., 20….. Guru Mata Pelajaran …………………………… |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Satuan Pendidikan : Madrasah Aliyah
Mata Pelajaran : Qur'an Hadits
Kelas/Semester : X / Ganjil
Alokasi Waktu : 2 jam pelajaran
A. Standar Kompetensi:
3. Memahami fungsi al-Qur'an dalam kehidupan
B. Kompetensi Dasar
3.2 Menunjukkan perilaku orang yang menfungsikan al-Qur’an
C. Indikator Keberhasilan Belajar :
§ Menjelaskan perilaku orang yang menggunakan al-Qur’an sebagai petunjuk.
§ Menunjukkan orang yang menyelesaikan masalah dengan berpedoman pada al-Qur’an.
§ Menceritakan pengalaman orang yang memperoleh peringatan dan pelajaran dari perbuatannya yang salah setelah memahami kandungan ayat al-Qur’an
D. Materi Pembelajaran :
§ Dalil fungsi al-Qur’an:
- Sebagai petunjuk QS Al-Baqarah:185
- Sumber hukum QS Al-Maidah:8
- Peringatan dan pelajaran QS Asy-Syura:38
E. Metode Pembelajaran
§ Model : Kooperatif Learning (Small Group Discussion)
§ Metode : Ceramah; Tanya jawab; Diskusi; Penugasan; Kerja kelompok; Refleksi
F. Langkah Pembelajaran :
o Pendahuluaan
§ Siswa membaca do’a dilanjutkan membaca beberapa ayat Al-Qur’an.
§ Guru menjelaskan kompetensi yang harus dicapai siswa dalam kegiatan pembelajaran
§ Guru menanyakan tujuan dan manfaat mempelajari al-Qur’an
o Kegiatan Inti
§ Secara klassikal siswa membaca ayat yang ter-kait dengan fungsi al-Qur’an
§ Tanya jawab makna mufradat secara berpasangan untuk mengartikan ayat yang terkait dengan isi pokok al-Qur’an
§ Secara berkelompok mendiskusikan kandungan ayat yang terkait dengan isi pokok al-Qur’an
o Penutup
§ Siswa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru secara lisan.
§ Guru memberikan motivasi kepada siswa untuk memperbanyak membaca al-Qur’an.
§ Guru memberikan tugas mengerjakan soal yang telah disiapkan.
§ Refleksi/Aplikasi Quantum.
§ Guru bersama siswa mengumandangkan syair/do’a senandung Al-Qur’an secara khidmat
G. Sumber Belajar :
§ Buku pelajaran siswa
§ Depag. Al-Qur’an dan Terjemahannya
§ M. Quraish Shihab, Membumikan al-Qur'an
§ Referensi perpustakaan
§ Internet
H. Penilaian :
o Penilaian Proses
o Penilaian Hasil
§ Jenis Tagihan:
– Tes Tulis
– Tugas
§ Bentuk instrumen
– Tes Subyektif
– Tugas Individual
Mengetahui, Kepala MA …………………………… | | …………….. …….., 20….. Guru Mata Pelajaran …………………………… |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Satuan Pendidikan : Madrasah Aliyah
Mata Pelajaran : Qur'an Hadits
Kelas/Semester : X / Ganjil
Alokasi Waktu : 2 jam pelajaran
A. Standar Kompetensi:
3. Memahami fungsi al-Qur'an dalam kehidupan
B. Kompetensi Dasar
3.3 Menerapkan fungsi al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari
C. Indikator Keberhasilan Belajar :
§ Menggunakan al-Qur’an sebagai petunjuk dalam menyelesaiakan masalah
§ Menerapkan penyelesaian hukum berdasarkan al-Qur’an
§ Menceritakan pengalaman mengenai penyelesaian masalah yang dihadapi setelah membaca al-Qur’an sebagai peringatan.
§ Menceritakan pengalaman mengenai penyelesaian masalah yang dihadapi setelah membaca al-Qur’an sebagai peringatan.
§ Mengemukakan pengalaman bahwa al-Qur’an mengandung pelajaran untuk pedoman hidup
D. Materi Pembelajaran :
§ Penjelasan/Tafsir dari:
- QS Al-Baqarah:185
- QS Al-Maidah:8
- QS Asy- Syura:38
E. Metode Pembelajaran
§ Model : Kooperatif Learning (Small Group Discussion)
§ Metode : Ceramah; Tanya jawab; Diskusi; Penugasan; Kerja kelompok; Refleksi
F. Langkah Pembelajaran :
o Pendahuluaan
§ Siswa membaca do’a dilanjutkan membaca beberapa ayat Al-Qur’an.
§ Guru menjelaskan kompetensi yang harus dicapai siswa dalam kegiatan pembelajaran
§ Guru menanyakan tujuan dan manfaat mempelajari al-Qur’an
o Kegiatan Inti
§ Secara berkelompok mendiskusikan penerapan kandungan masing –masing ayat yang terkait dengan isi pokok al-Qur’an
o Penutup
§ Siswa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru secara lisan.
§ Guru memberikan motivasi kepada siswa untuk memperbanyak membaca al-Qur’an.
§ Guru memberikan tugas mengerjakan soal yang telah disiapkan.
§ Refleksi/Aplikasi Quantum.
§ Guru bersama siswa mengumandangkan syair/do’a senandung Al-Qur’an secara khidmat
G. Sumber Belajar :
§ Buku pelajaran siswa
§ Depag. Al-Qur’an dan Terjemahannya
§ M. Quraish Shihab, Membumikan al-Qur'an
§ Referensi perpustakaan
§ Internet
H. Penilaian :
o Penilaian Proses
o Penilaian Hasil
§ Jenis Tagihan:
– Tes Tulis
– Tugas
§ Bentuk instrumen
– Tes Subyektif
– Tugas Individual
Mengetahui, Kepala MA …………………………… | | …………….. …….., 20….. Guru Mata Pelajaran …………………………… |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Satuan Pendidikan : Madrasah Aliyah
Mata Pelajaran : Qur'an Hadits
Kelas/Semester : X / Ganjil
Alokasi Waktu : 2 jam pelajaran
A. Standar Kompetensi:
4. Memahami cara-cara mencari surat dan ayat al-Qur'an
B. Kompetensi Dasar
4.1 Menunjukkan kitab-kitab yang berhubungan dengan cara-cara mencari ayat dalam Al-Qur’an
C. Indikator Keberhasilan Belajar :
§ Menunjukkan kitab Mu'jam al-Mufahras li alfaadzil Qur'an
§ Menunjukkan kitab Fath ar-Rahman.
§ Menjelaskan cara menggunakan kitab Fathurrahman untuk mencari ayat-ayat dalam al-Qur’an.
§ Menjelaskan cara menggunakan Mu'jam al-Mufahras li alfadzil Qur'an untuk mencari ayat-ayat dalam al-Qur’an
D. Materi Pembelajaran :
§ Penjelasan Kitab Mu'jam al-Mufahras li alfaadzil Qur'an dan kitab Fath ar-Rahman.
§ Serta CD al-Qur'an
E. Metode Pembelajaran
§ Model : Kooperatif Learning (Small Group Discussion)
§ Metode : Ceramah; Tanya jawab; Diskusi; Penugasan; Kerja kelompok; Refleksi
F. Langkah Pembelajaran :
o Pendahuluaan
§ Siswa membaca do’a dilanjutkan membaca beberapa ayat Al-Qur’an.
§ Guru menjelaskan kompetensi yang harus dicapai siswa dalam kegiatan pembelajaran
§ Guru menanyakan tujuan dan manfaat mempelajari al-Qur’an
o Kegiatan Inti
§ Mencari dan menunjukkan kitab
§ Mu'jam al-Mufahras li alfaadzil Qur'an dan kitab Fath ar-Rahman.
§ Mendengarkan cara mencari ayat al-Qur'an dengaan menggunakan kitab Mu'jam al-Mufahras li alfaadzil Qur'an dan kitab Fath ar-Rahman.
§ Tanya jawab tentang penggunaan kitab Mu'jam al-Mufahras li alfaadzil Qur'an dan kitab Fath ar-Rahman.dalam mencari ayat
o Penutup
§ Siswa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru secara lisan.
§ Guru memberikan motivasi kepada siswa untuk memperbanyak membaca al-Qur’an.
§ Guru memberikan tugas mengerjakan soal yang telah disiapkan.
§ Refleksi/Aplikasi Quantum.
§ Guru bersama siswa mengumandangkan syair/do’a senandung Al-Qur’an secara khidmat
G. Sumber Belajar :
§ Buku pelajaran siswa
§ Depag. Al-Qur'an dan Terjemahannya
§ Al-Qur'anul Kariim
§ Muhammad Fuad Abdul aaqii, Mu'jam Al-Mufahras lialfaadzil qur'anul Karim.
§ Fath Ar-Rahman
§ CD al-Qur'an
H. Penilaian :
o Penilaian Proses
o Penilaian Hasil
§ Jenis Tagihan:
– Tes Tulis
– Tugas
§ Bentuk instrumen
– Tes Subyektif
– Tugas Individual
Mengetahui, Kepala MA …………………………… | | …………….. …….., 20….. Guru Mata Pelajaran …………………………… |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Satuan Pendidikan : Madrasah Aliyah
Mata Pelajaran : Qur'an Hadits
Kelas/Semester : X / Ganjil
Alokasi Waktu : 2 jam pelajaran
A. Standar Kompetensi:
4. Memahami cara-cara mencari surat dan ayat al-Qur'an
B. Kompetensi Dasar
4.2 Menerapkan cara-cara mencari surat dan ayat dalam Al-Qur’an
C. Indikator Keberhasilan Belajar :
§ Menunjukkan ayat yang dicari dengan menggunakan kitab Mu'jam al-Mufahras li alfaadzil Qur'an dan kitab Fath ar-Rahman
D. Materi Pembelajaran :
§ Cara menggunakan Kitab Mu'jam al-Mufahras li alfaadzil Qur'an dan kitab Fath ar-Rahman.
§ CD al-Qur'an.
E. Metode Pembelajaran
§ Model : Kooperatif Learning (Small Group Discussion)
§ Metode : Ceramah; Tanya jawab; Diskusi; Penugasan; Kerja kelompok; Refleksi
F. Langkah Pembelajaran :
o Pendahuluaan
§ Siswa membaca do’a dilanjutkan membaca beberapa ayat Al-Qur’an.
§ Guru menjelaskan kompetensi yang harus dicapai siswa dalam kegiatan pembelajaran
§ Guru menanyakan tujuan dan manfaat mempelajari al-Qur’an
o Kegiatan Inti
§ Secara berkelompok mempraktekkan mencari beberapa ayat yang ditugaskan guru dengan menggunakan kitab Mu'jam al-Mufahras li alfaadzil Qur'an dan kitab Fath ar-Rahman
o Penutup
§ Siswa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru secara lisan.
§ Guru memberikan motivasi kepada siswa untuk memperbanyak membaca al-Qur’an.
§ Guru memberikan tugas mengerjakan soal yang telah disiapkan.
§ Refleksi/Aplikasi Quantum.
§ Guru bersama siswa mengumandangkan syair/do’a senandung Al-Qur’an secara khidmat
G. Sumber Belajar :
§ Buku pelajaran siswa
§ Depag. Al-Qur'an dan Terjemahannya
§ Al-Qur'anul Kariim
§ Muhammad Fuad Abdul aaqii, Mu'jam Al-Mufahras lialfaadzil qur'anul Karim.
§ Fath Ar-Rahman
§ CD al-Qur'an
H. Penilaian :
o Penilaian Proses
o Penilaian Hasil
§ Jenis Tagihan:
– Tes Tulis
– Tugas
§ Bentuk instrumen
– Tes Subyektif
– Tugas Individual
Mengetahui, Kepala MA …………………………… | | …………….. …….., 20….. Guru Mata Pelajaran …………………………… |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Satuan Pendidikan : Madrasah Aliyah
Mata Pelajaran : Qur'an Hadits
Kelas/Semester : X / Ganjil
Alokasi Waktu : 2 jam pelajaran
A. Standar Kompetensi:
5. Memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang manusia dan tugasnya sebagai khalifah di bumi
B. Kompetensi Dasar
5.1 Mengartikan QS. Al-Mukminun:12-14; QS. Al-Nahl:78; QS.Al-Baqarah:30 dan QS Adz-Dzariyat: 56
C. Indikator Keberhasilan Belajar :
§ Membaca QS. Al-Mukminun:12-14;
§ Membaca QS. Al-Nahl:78;
§ Membaca QS.Al-Baqarah:30
§ Membaca QS Adz-Dzariyat: 56
§ Menyebutkan makna mufradat
§ Mengartikan QS. Al-Mukminun:12-14
§ Mengartikan QS. Al-Nahl:78
§ MengartiakanQS.Al-Baqarah:30
§ Mengartikan QS Adz-Dzariyat: 56
D. Materi Pembelajaran :
§ QS. Al-Mukminun:12-14,
§ QS. Al-Nahl:78;
§ QS.Al-Baqarah:30
§ QS Adz-Dzariyat: 56
E. Metode Pembelajaran
§ Model : Kooperatif Learning (Student Group)
§ Metode : Ceramah; Tanya jawab; Diskusi; Penugasan; Kerja kelompok; Refleksi
F. Langkah Pembelajaran :
- Pendahuluaan
§ Siswa membaca do’a dilanjutkan membaca beberapa ayat Al-Qur’an.
§ Guru menjelaskan kompetensi yang harus dicapai siswa dalam kegiatan pembelajaran
§ Guru menanyakan apa fungsi dan tugas manusia diciptakan Allah(sebagai motivasi)
- Kegiatan Inti
§ Siswa dibagi beberapa kelompok. Setiap kelompok 4 siswa.
§ Setiap siswa pada masing-masing kelompok membaca ayat bergantian dan saling menyimak serta membetulkan bacaan apabila ada bacaan teman yang kurang tepat
§ Masing-masing siswa mempelajari makna mufrodat. Apabila ada yang tidak faham dapat ditanyakan kepada teman atau guru.
§ Siswa dibagi dalam kelompok kecil dua orang berpasangan.
§ Masing-masing mempelajari arti dari tiap-tiap ayat.
§ Selanjutnya secara bergantian saling menilai kemampuan mengartikan ayat dengan penilaian teman sebaya.
§ untuk mengartikan masing-masing ayat yang terkait dengan manusia dan tugasnya sebagai khalifah
§ Tanya jawab dengan guru apabila ada ayat yang belum dipahami.
§ Siswa mengerjakan soal.
- Penutup
§ Guru memberikan tugas mengerjakan soal yang telah disiapkan.
§ Refleksi/Aplikasi Quantum.
§ Guru bersama siswa mengumandangkan lagu “ Tombo ati iku lima wernane”
G. Sumber Belajar :
§ Buku pelajaran siswa
§ Depag. Al-Qur'an dan terjemahannya
§ Hamka, Tafsir al-Azhar,Jakarta, Pustaka Panjimas
§ Humaidi Tata Pangarsa, Akhlak Mulia
§ M.Quraish Shihab,Tafsir al-Mishbah.
§ Referensi perpustakaan
§ Internet
§ Lingkungan sosial
§ Media audio visual
§ Media cetak
H. Penilaian
o Penilaian Proses
o Penilaian Hasil
§ Jenis Tagihan:
– Tes Tulis
– Tugas
§ Bentuk instrumen
– Tes Subyektif
– Tugas Individual
Mengetahui, Kepala MA …………………………… | | …………….. …….., 20….. Guru Mata Pelajaran …………………………… |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Satuan Pendidikan : Madrasah Aliyah
Mata Pelajaran : Qur'an Hadits
Kelas/Semester : X / Ganjil
Alokasi Waktu : 2 jam pelajaran
A. Standar Kompetensi:
5. Memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang manusia dan tugasnya sebagai khalifah di bumi
B. Kompetensi Dasar
5.2 Menjelaskan kandungan QS. Al-Mukminun:12-14; QS. Al-Nahl:78; QS.Al-Baqarah:30 dan QS Adz-Dzariyat: 56
C. Indikator Keberhasilan Belajar :
§ Menjelaskan kandungan ayat tentang perkembangan kejadian manusia sebagaimana terkandung dalam QS. Al-Mukminun:12-14
§ Menjelaskan kandungan ayat tentang potensi manusia seperti terkandung dalam QS An-Nahl:78
§ Menjelaskan kandungan ayat tentang fungsi manusia sebagai khalifah sebagaimana yang terkandung dalam QS.Al-Baqarah:30
§ Menjelaskan kandungan ayat tentang tugas manusia sebagaimana terkandung dalam QS Adz-Dzariyat: 56
D. Materi Pembelajaran :
§ Kandungan QS. Al-Mukminun:12-14; QS. Al-Nahl:78; QS.Al-Baqarah:30 dan QS Adz-Dzariyat: 56
E. Metode Pembelajaran
§ Model : Kooperatif Learning (Student Group)
§ Metode : Ceramah; Tanya jawab; Diskusi; Penugasan; Kerja kelompok; Refleksi
F. Langkah Pembelajaran :
- Pendahuluaan
§ Siswa membaca do’a dilanjutkan membaca beberapa ayat Al-Qur’an.
§ Guru menjelaskan kompetensi yang harus dicapai siswa dalam kegiatan pembelajaran
§ Guru menanyakan apa fungsi dan tugas manusia diciptakan Allah(sebagai motivasi)
- Kegiatan Inti
§ Menggali informasi mengenai proses penciptaan manudsia dan potensinya dari berbagai sumber belajar.
§ Menggali informasi tentang fungsi dan tugas manusia.
§ Membahas satu persatu kandungan QS. Al-Mukminun:12-14; QS. Al-Nahl:78; QS.Al-Baqarah:30 dan QS Adz-Dzariyat: 56 dengan tanya jawab dan diskusi kelompok.
- Penutup
§ Guru memberikan tugas mengerjakan soal yang telah disiapkan.
§ Refleksi/Aplikasi Quantum.
§ Guru bersama siswa mengumandangkan lagu “ Tombo ati iku lima wernane”
G. Sumber Belajar :
§ Buku pelajaran siswa
§ Depag. Al-Qur'an dan terjemahannya
§ Hamka, Tafsir al-Azhar,Jakarta , Pustaka Panjimas
§ Humaidi Tata Pangarsa, Akhlak Mulia
§ M.Quraish Shihab,Tafsir al-Mishbah.
§ Referensi perpustakaan
§ Internet
§ Lingkungan sosial
§ Media audio visual
§ Media cetak
H. Penilaian
o Penilaian Proses
o Penilaian Hasil
§ Jenis Tagihan:
– Tes Tulis
– Tugas
§ Bentuk instrumen
– Tes Subyektif
– Tugas Individual
Mengetahui, Kepala MA …………………………… | | …………….. …….., 20….. Guru Mata Pelajaran …………………………… |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Satuan Pendidikan : Madrasah Aliyah
Mata Pelajaran : Qur'an Hadits
Kelas/Semester : X / Ganjil
Alokasi Waktu : 2 jam pelajaran
A. Standar Kompetensi:
5. Memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang manusia dan tugasnya sebagai khalifah di bumi
B. Kompetensi Dasar
5.3 Menerapkan perilaku sebagai khalifah di bumi seperti terkandung dalam QS. Al-Mukminun:12-14; QS. Al-Nahl:78; QS.Al-Baqarah:30 dan QS Adz-Dzariyat: 56
C. Indikator Keberhasilan Belajar :
§ Senantiasa berperilaku baik yang didasari kesadaran akan kehadiran Allah yang dipetik dari kandungan QS. Al-Mu’minun: 12-14
§ Menggunakan beberapa potensi yang ada pada diri manusia (pendengaran, penglihatan dan hati) sesuai ajaran Islam
§ Menggunakan sumber alam sebagai bukti melaksanakan kemakmuran di muka bumi.
§ Mengembangkan nilai budaya dengan mempertahankan nilai-nilai Islam.
§ Membiasakan diri melaksanakan perintah dan menjahui larangan.
§ Menerapkan peningkatan kualitas ibadah pada setiap harinya
D. Materi Pembelajaran :
§ Fungsi manusia sebagai kholifah:
- Membudayakan alam.
- Mengislamkan budaya.
§ Tugas manusia beribadah:
- Melaksanakan perintah dan menjahui larangan Allah
- Meningkatkan kualitas ibadah
E. Metode Pembelajaran
§ Model : Kooperatif Learning (Student Group)
§ Metode : Ceramah; Tanya jawab; Diskusi; Penugasan; Kerja kelompok; Refleksi
F. Langkah Pembelajaran :
- Pendahuluaan
§ Siswa membaca do’a dilanjutkan membaca beberapa ayat Al-Qur’an.
§ Guru menjelaskan kompetensi yang harus dicapai siswa dalam kegiatan pembelajaran
§ Guru menanyakan apa fungsi dan tugas manusia diciptakan Allah(sebagai motivasi)
- Kegiatan Inti
§ Secara berkelompok mengadakan simulasi bagaimana menerapkan kandungan masing –masing ayat.
- QS. Al-Mukminun:12-14; QS. Al-Nahl:78; QS.Al-Baqarah:30 dan QS Adz-Dzariyat: 56
§ Mengambil kesimpulan setelah bersimulasi dan diskusi mengenai penerapan dari kandungan masing-masing ayat
- Penutup
§ Guru memberikan tugas mengerjakan soal yang telah disiapkan.
§ Refleksi/Aplikasi Quantum.
§ Guru bersama siswa mengumandangkan lagu “ Tombo ati iku lima wernane”
G. Sumber Belajar :
§ Buku pelajaran siswa
§ Depag. Al-Qur'an dan terjemahannya
§ Hamka, Tafsir al-Azhar,Jakarta , Pustaka Panjimas
§ Humaidi Tata Pangarsa, Akhlak Mulia
§ M.Quraish Shihab,Tafsir al-Mishbah.
§ Referensi perpustakaan
§ Internet
§ Lingkungan sosial
§ Media audio visual
§ Media cetak
H. Penilaian
o Penilaian Proses
o Penilaian Hasil
§ Jenis Tagihan:
– Tes Tulis
– Tugas
§ Bentuk instrumen
– Tes Subyektif
– Tugas Individual
Mengetahui, Kepala MA …………………………… | | …………….. …….., 20….. Guru Mata Pelajaran …………………………… |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Satuan Pendidikan : Madrasah Aliyah
Mata Pelajaran : Qur'an Hadits
Kelas/Semester : X / Ganjil
Alokasi Waktu : 2 jam pelajaran
A. Standar Kompetensi:
6. Memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang Demokrasi
B. Kompetensi Dasar
6.1 Mengartikan QS.Ali Imran 159 dan QS. Asy Syura: 38
C. Indikator Keberhasilan Belajar :
§ Membaca QS.Ali Imran 159
§ Membaca QS. Asy Syura: 38
§ Menyebutkan makna mufrodat
§ Mengartikan QS.Ali Imran 159
§ Mengartikan QS. Asy Syura: 38
D. Materi Pembelajaran :
§ Arti QS.Ali Imran 159 dan QS. Asy Syura: 38
E. Metode Pembelajaran
§ Model : Kooperatif Learning (Student Group)
§ Metode : Ceramah; Tanya jawab; Diskusi; Penugasan; Kerja kelompok; Refleksi
F. Langkah Pembelajaran :
- Pendahuluaan
§ Siswa membaca do’a dilanjutkan membaca beberapa ayat Al-Qur’an.
§ Guru menjelaskan kompetensi yang harus dicapai siswa dalam kegiatan pembelajaran
§ Guru menanyakan apa fungsi dan tugas manusia diciptakan Allah(sebagai motivasi)
- Kegiatan Inti
§ Membaca ayat tentang demokrasi.
§ Tanya jawab makna mufrodat secara klassikal.
§ Secara berpasangan siswa saling menyimak untuk mengartikan masing-masing ayat yang terkait dengan demokrasi
- Penutup
§ Guru memberikan tugas mengerjakan soal yang telah disiapkan.
§ Refleksi/Aplikasi Quantum.
G. Sumber Belajar :
§ Buku pelajaran siswa
§ Depag. Al-Qur'an dan terjemahannya
§ Mahmud Yunus,Kamus Bahasa Arab.
§ Referensi perpustakaan
H. Penilaian
o Penilaian Proses
o Penilaian Hasil
§ Jenis Tagihan:
– Tes Tulis
– Tugas
§ Bentuk instrumen
– Tes Subyektif
– Tugas Individual
Mengetahui, Kepala MA …………………………… | | …………….. …….., 20….. Guru Mata Pelajaran …………………………… |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Satuan Pendidikan : Madrasah Aliyah
Mata Pelajaran : Qur'an Hadits
Kelas/Semester : X / Ganjil
Alokasi Waktu : 2 jam pelajaran
A. Standar Kompetensi:
6. Memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang Demokrasi
B. Kompetensi Dasar
6.2 Menjelaskan kandungan QS.Ali Imran 159 dan QS. Asy Syura : 38
C. Indikator Keberhasilan Belajar :
§ Menjelaskan kandungan ayat tentang sikap pemimpin yang lemah lembut sebagaimana terkandung dalam QS. Ali Imran 159
§ Menjelaskan kandungan ayat tentang sikap pemaaf sebagaimana terkandung dalam QS. Ali Imran 159
§ Menjelaskan kandungan ayat tentang sikap tawakkal setelah bermusyawarah sebagaimana terkandung dalam QS. Ali Imran 159
§ Menjelaskan kandungan ayat tentang pelaksanaan musyawarah sebagaimana terkandung dalam QS. Asy-Syura:38
D. Materi Pembelajaran :
§ Kandungan QS.Ali Imran 159 dan QS. Asy Syura: 38
E. Metode Pembelajaran
§ Model : Kooperatif Learning (Student Group)
§ Metode : Ceramah; Tanya jawab; Diskusi; Penugasan; Kerja kelompok; Refleksi
F. Langkah Pembelajaran :
- Pendahuluaan
§ Siswa membaca do’a dilanjutkan membaca beberapa ayat Al-Qur’an.
§ Guru menjelaskan kompetensi yang harus dicapai siswa dalam kegiatan pembelajaran
§ Guru menanyakan apa fungsi dan tugas manusia diciptakan Allah(sebagai motivasi)
- Kegiatan Inti
o Menggali informasi mengenai demokrasi dan pelaksanaannya dari berbagai sumber belajar.
§ Membahas satu persatu kandungan QS. Ali Imran 159 dan QS. Asy Syura: 38.dengan tanya jawab dan diskusi kelompok
- Penutup
§ Guru memberikan tugas mengerjakan soal yang telah disiapkan.
§ Refleksi/Aplikasi Quantum.
G. Sumber Belajar :
§ Buku pelajaran siswa
§ Depag. Al-Qur'an dan terjemahannya
§ Mahmud Yunus,Kamus Bahasa Arab.
§ Referensi perpustakaan
H. Penilaian
o Penilaian Proses
o Penilaian Hasil
§ Jenis Tagihan:
– Tes Tulis
– Tugas
§ Bentuk instrumen
– Tes Subyektif
– Tugas Individual
Mengetahui, Kepala MA …………………………… | | …………….. …….., 20….. Guru Mata Pelajaran …………………………… |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Satuan Pendidikan : Madrasah Aliyah
Mata Pelajaran : Qur'an Hadits
Kelas/Semester : X / Ganjil
Alokasi Waktu : 2 jam pelajaran
A. Standar Kompetensi:
6. Memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang Demokrasi
B. Kompetensi Dasar
6.3 Menerapkan perilaku hidup demokrasi seperti terkandung dalam QS.Ali Imran 159 dan QS. Asy Syura: 38. dalam kehidupan sehari-hari
C. Indikator Keberhasilan Belajar :
§ Bersikap menghargai pendapat orang lain
§ Menampilkan perilaku lembah lembut dalam menyelesaikan masalah.
§ Melaksanakan musyawarah dalam mengambil keputusan pada saat menyelesaikan masalah.
§ Bersikap bijaksana dalam dalam mengambil keputusan
§ Menerapkan hasil keputusan musyawarah secara bertanggungjawab.
§ Melaksanakan hasil kesepakatan musyawarah dengan bertawakkal kepada Allah
D. Materi Pembelajaran :
§ Perilaku hidup demokrasi dengan cara diantaranya:
§ Bersikap lemah lembut
§ Melaksanakan musyawarah
§ Menerpkan hasil kesepakatan musyawarah
E. Metode Pembelajaran
§ Model : Kooperatif Learning (Student Group)
§ Metode : Ceramah; Tanya jawab; Diskusi; Penugasan; Kerja kelompok; Refleksi
F. Langkah Pembelajaran :
- Pendahuluaan
§ Siswa membaca do’a dilanjutkan membaca beberapa ayat Al-Qur’an.
§ Guru menjelaskan kompetensi yang harus dicapai siswa dalam kegiatan pembelajaran
§ Guru menanyakan apa fungsi dan tugas manusia diciptakan Allah(sebagai motivasi)
- Kegiatan Inti
§ Secara berkelompok berdiskusi bagaimana menerapkan kandungan masing –masing ayat dari QS.Ali Imran 159 dan QS. Asy Syura: 38.
§ Mengambil kesimpulan setelah berdiskusi mengenai penerapan dari kandungan masing-masing ayat
- Penutup
§ Guru memberikan tugas mengerjakan soal yang telah disiapkan.
§ Refleksi/Aplikasi Quantum.
G. Sumber Belajar :
§ Buku pelajaran siswa
§ Depag. Al-Qur'an dan terjemahannya
§ Mahmud Yunus,Kamus Bahasa Arab.
§ Referensi perpustakaan
H. Penilaian
o Penilaian Proses
o Penilaian Hasil
§ Jenis Tagihan:
– Tes Tulis
– Tugas
§ Bentuk instrumen
– Tes Subyektif
– Tugas Individual
Mengetahui, Kepala MA …………………………… | | …………….. …….., 20….. Guru Mata Pelajaran …………………………… |