RSS

RPP AL QUR'AN HADITS MA KELAS X SMT 2


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Satuan Pendidikan      :  Madrasah Aliyah
Mata Pelajaran              :  Qur'an Hadits
Kelas/Semester            :  X / Genap
Alokasi Waktu               : 2 jam pelajaran

A.   Standar Kompetensi:
7.      Memahami istilah-istilah hadits

B.   Kompetensi  Dasar
7.1    Mendefinisikan pengertian Hadits, Sunnah, Khabar, Atsar dan Hadits Qudsi

C.   Indikator Keberhasilan Belajar :
§  Menunjukkan pengertian   Hadits,  Sunnah , khabar dan  Atsar menurut bahasa
§  Menjelaskan pengertian Hadits menurut istilah
§  Menjelaskan pengertian  Sunnah  menurut istilah
§  Menjelaskan pengertian khabar menurut istilah
§  Menjelaskan pengertian Atsar menurut istilah
§  Menjelaskan pengertian Hadits Qudsi menurut istilah
§  Mendefinisikan Hadits, Sunnah, Khabar dan Atsar menurut  istilah

D.   Materi Pembelajaran :
§  Pengertian Hadits, Sunnah, Khabar, dan Atsar menurut bahasa.
§  Pengertian Hadits, Sunnah, Khabar, dan Atsar menurut istilah

E.   Metode Pembelajaran
§  Model       : Kooperatif Learning (Student Group)
§  Metode     : Ceramah; Tanya jawab; Diskusi; Penugasan; Kerja kelompok; Refleksi

F.    Langkah Pembelajaran :
  • Pendahuluaan

§  Siswa membaca do’a dilanjutkan membaca beberapa ayat Al-Qur’an.

§  Guru menjelaskan kompetensi yang harus dicapai siswa dalam kegiatan pembelajaran
§  Guru menanyakan apa fungsi dan tugas manusia diciptakan Allah(sebagai motivasi)

  • Kegiatan Inti
§  Tanya jawab tentang pengertian  Hadits, Sunnah, Khabar, dan Atsar menurut bahasa.

§  Membaca literatur mengenai  pendapat para ahli tentang pengertian Hadits, Sunnah, Khabar, dan Atsar menurut istilah


  • Penutup

§  Guru memberikan tugas mengerjakan soal yang telah disiapkan.

§  Refleksi/Aplikasi Quantum.


G.   Sumber Belajar :
§  Buku pelajaran siswa
§  Azhar Basyir,
§  Rangkuman
§  Ilmu Mustholah
§  Hadis
§  M. Ajjaj al-Khathib, Ushul al-Hadis
§  Referensi di perpustakaan
§  Internet
    
H.   Penilaian
o   Penilaian  Proses
o   Penilaian Hasil
§   Jenis Tagihan:
     Tes Tulis
     Tugas

§   Bentuk instrumen
     Tes Subyektif
     Tugas Individual


Mengetahui,
Kepala MA



……………………………

…………….. ……..,  20…..
Guru Mata Pelajaran



……………………………


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Satuan Pendidikan      :  Madrasah Aliyah
Mata Pelajaran              :  Qur'an Hadits
Kelas/Semester            :  X / Genap
Alokasi Waktu               : 2 jam pelajaran


A.   Standar Kompetensi:
7.      Memahami istilah-istilah hadits

B.   Kompetensi  Dasar
7.2    Membanding kan pengertian Hadits, Sunnah, Khabar, Atsar dan Hadits Qudsi

C.   Indikator Keberhasilan Belajar :
§  Mengidentifikasi ciri pengertian hadis, sunnah, khabar, atsar dan hadis Qudsi
§  Membedakan pengertian Hadis, Sunnah, Khabar dan Atsar serta hadis Qudsi

D.   Materi Pembelajaran :
§  Persamaan dan perbedaan Pengertian Hadits, Sunnah, Khabar, dan Atsar

E.   Metode Pembelajaran
§  Model       : Kooperatif Learning (Student Group)
§  Metode     : Ceramah; Tanya jawab; Diskusi; Penugasan; Kerja kelompok; Refleksi

F.    Langkah Pembelajaran :
  • Pendahuluaan

§  Siswa membaca do’a dilanjutkan membaca beberapa ayat Al-Qur’an.

§  Guru menjelaskan kompetensi yang harus dicapai siswa dalam kegiatan pembelajaran
§  Guru menanyakan apa fungsi dan tugas manusia diciptakan Allah(sebagai motivasi)

  • Kegiatan Inti
§  Secara berkelompok mengidentifikasi Persamaan dan perbedaan Pengertian Hadits, Sunnah, Khabar, dan Atsar

  • Penutup

§  Guru memberikan tugas mengerjakan soal yang telah disiapkan.

§  Refleksi/Aplikasi Quantum.


G.   Sumber Belajar :
§  Buku pelajaran siswa
§  Azhar Basyir,
§  Rangkuman
§  Ilmu Mustholah
§  Hadis
§  M. Ajjaj al-Khathib, Ushul al-Hadis
§  Referensi di perpustakaan
§  Internet
    
H.   Penilaian
o   Penilaian  Proses
o   Penilaian Hasil
§   Jenis Tagihan:
     Tes Tulis
     Tugas

§   Bentuk instrumen
     Tes Subyektif
     Tugas Individual


Mengetahui,
Kepala MA



……………………………

…………….. ……..,  20…..
Guru Mata Pelajaran



……………………………


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Satuan Pendidikan      :  Madrasah Aliyah
Mata Pelajaran              :  Qur'an Hadits
Kelas/Semester            :  X / Genap
Alokasi Waktu               : 2 jam pelajaran


A.   Standar Kompetensi:
7.      Memahami istilah-istilah hadits

B.   Kompetensi  Dasar
7.3    Menerapkan pengertian Hadits, Sunnah (sunnah qauliyah, sunnah fi’liyah dan sunnah taqririyah), Khabar, Atsar dan Hadits Qudsi

C.   Indikator Keberhasilan Belajar :
§  Menunjukkan sabda Nabi yang termasuk hadits 
§  Menunjukkan sabda Nabi yang termasuk sunnah qauliyah
§  Menunjukkan lafadz hadits yang termasuk  termasuk sunnah fi’liyah
§  Menunjukkan lafadz hadits yang termasuk sunnah taqririyah
§  Menunjukkan lafadz dalam hadits yang termasuk khabar
§  Menunjukkan lafadz dalam hadits yang termasuk atsar

D.   Materi Pembelajaran :
§  Beberapa bacaan Hadits yang lengkap sanad matan dan rowinya

E.   Metode Pembelajaran
§  Model       : Kooperatif Learning (Student Group)
§  Metode     : Ceramah; Tanya jawab; Diskusi; Penugasan; Kerja kelompok; Refleksi

F.    Langkah Pembelajaran :
  • Pendahuluaan

§  Siswa membaca do’a dilanjutkan membaca beberapa ayat Al-Qur’an.

§  Guru menjelaskan kompetensi yang harus dicapai siswa dalam kegiatan pembelajaran
§  Guru menanyakan apa fungsi dan tugas manusia diciptakan Allah(sebagai motivasi)

  • Kegiatan Inti
§  Secara berkelompok berdiskusi untuk menentukan masing-masing Hadits, Sunnah (sunnah qauliyah, sunnah fi’liyah dan sunnah taqririyah), Khabar, Atsar dan Hadits Qudsi
  • Penutup

§  Guru memberikan tugas mengerjakan soal yang telah disiapkan.

§  Refleksi/Aplikasi Quantum.


G.   Sumber Belajar :
§  Buku pelajaran siswa
§  Azhar Basyir,
§  Rangkuman
§  Ilmu Mustholah
§  Hadis
§  M. Ajjaj al-Khathib, Ushul al-Hadis
§  Referensi di perpustakaan
§  Internet
    
H.   Penilaian
o   Penilaian  Proses
o   Penilaian Hasil
§   Jenis Tagihan:
     Tes Tulis
     Tugas
§   Bentuk instrumen
     Tes Subyektif
     Tugas Individual


Mengetahui,
Kepala MA



……………………………

…………….. ……..,  20…..
Guru Mata Pelajaran



……………………………


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Satuan Pendidikan      :  Madrasah Aliyah
Mata Pelajaran              :  Qur'an Hadits
Kelas/Semester            :  X / Genap
Alokasi Waktu               : 2 jam pelajaran


A.   Standar Kompetensi:
8.      Memahami sanad dan matan hadits

B.   Kompetensi  Dasar
8.1    Menjelaskan pengertian sanad dan matan

C.   Indikator Keberhasilan Belajar :
§  Menunjukkan pengertian sanad dan matan  menurut bahasa
§  Menjelaskan pengertian sanad dan matan menurut istilah
§  Membedakan istilah sanad dan rawi dalam hadis

D.   Materi Pembelajaran :
§  Pengertian sanad dan matan menurut bahasa dan istilah

E.   Metode Pembelajaran
§  Model       : Kooperatif Learning (Student Group)
§  Metode     : Ceramah; Tanya jawab; Diskusi; Penugasan; Kerja kelompok; Refleksi

F.    Langkah Pembelajaran :
  • Pendahuluaan

§  Siswa membaca do’a dilanjutkan membaca beberapa ayat Al-Qur’an.

§  Guru menjelaskan kompetensi yang harus dicapai siswa dalam kegiatan pembelajaran
§  Guru menanyakan apa fungsi dan tugas manusia diciptakan Allah(sebagai motivasi)

  • Kegiatan Inti
§  Tanya jawab tentang
§  pengertian sanad dan matan menurut bahasa.
§  Membaca literatur untuk menggali  pendapat para ahli tentang pengertian sanad dan matan menurut istilah
§  Tanya jawab secara klassikal dan mendengarkan penjelasan mengenai pengertian sanad dan  matan menurut istilah
  • Penutup

§  Guru memberikan tugas mengerjakan soal yang telah disiapkan.

§  Refleksi/Aplikasi Quantum.


G.   Sumber Belajar :
§  Buku pelajaran siswa
§  Azhar Basyir,
§  Rangkuman
§  Ilmu Mustholah
§  Hadis
§  M. Ajjaj al-Khathib, Ushul al-Hadis
§  TM Hasbi Ashshiddiqi , Sejarah/Pengantar Ilmu Hadis
§  Referensi di perpustakaan
§  Internet
    
H.   Penilaian
o   Penilaian  Proses
o   Penilaian Hasil
§   Jenis Tagihan:
     Tes Tulis
     Tugas
§   Bentuk instrumen
     Tes Subyektif
     Tugas Individual


Mengetahui,
Kepala MA



……………………………

…………….. ……..,  20…..
Guru Mata Pelajaran



……………………………


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Satuan Pendidikan      :  Madrasah Aliyah
Mata Pelajaran              :  Qur'an Hadits
Kelas/Semester            :  X / Genap
Alokasi Waktu               : 2 jam pelajaran

A.   Standar Kompetensi:
8.      Memahami sanad dan matan hadits

B.   Kompetensi  Dasar
8.2    Menunjukkan sanad dan matan dalam hadits

C.   Indikator Keberhasilan Belajar :
§  Mengidentifikasi  sanad dan matan dalam hadis.
§  Menentukan sanad  dalam hadits
§  Menentukan  matan dalam hadits

D.   Materi Pembelajaran :
§  Beberapa bacaan Hadits yang lengkap sanad matan dan rowinya

E.   Metode Pembelajaran
§  Model       : Kooperatif Learning (Student Group)
§  Metode     : Ceramah; Tanya jawab; Diskusi; Penugasan; Kerja kelompok; Refleksi

F.    Langkah Pembelajaran :
  • Pendahuluaan

§  Siswa membaca do’a dilanjutkan membaca beberapa ayat Al-Qur’an.

§  Guru menjelaskan kompetensi yang harus dicapai siswa dalam kegiatan pembelajaran
§  Guru menanyakan apa fungsi dan tugas manusia diciptakan Allah(sebagai motivasi)

  • Kegiatan Inti

§  Secara berkelompok membaca dan meneliti lafadz hadits Nabi.

§  Menentukan sanad dan matan dalam setiap hadits Nabi


  • Penutup

§  Guru memberikan tugas mengerjakan soal yang telah disiapkan.

§  Refleksi/Aplikasi Quantum.


G.   Sumber Belajar :
§  Buku pelajaran siswa
§  Azhar Basyir,
§  Rangkuman
§  Ilmu Mustholah
§  Hadis
§  M. Ajjaj al-Khathib, Ushul al-Hadis
§  TM Hasbi Ashshiddiqi , Sejarah/Pengantar Ilmu Hadis
§  Referensi di perpustakaan
§  Internet
    
H.   Penilaian
o   Penilaian  Proses
o   Penilaian Hasil
§   Jenis Tagihan:
     Tes Tulis
     Tugas
§   Bentuk instrumen
     Tes Subyektif
     Tugas Individual


Mengetahui,
Kepala MA



……………………………

…………….. ……..,  20…..
Guru Mata Pelajaran



……………………………


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Satuan Pendidikan      :  Madrasah Aliyah
Mata Pelajaran              :  Qur'an Hadits
Kelas/Semester            :  X / Genap
Alokasi Waktu               : 2 jam pelajaran


A.   Standar Kompetensi:
9.      Mendeskripsikan fungsi hadits terhadap  al-Qur’an

B.   Kompetensi  Dasar
9.1    Menjelaskan fungsi hadits terhadap al-Qur’an

C.   Indikator Keberhasilan Belajar :
§  Menjelaskan kedudukan hadis sebagai sumber hukum Islam .
§  Menjelaskan fungsi hadits sebagai bayan at-taqrir
§  Menjelaskan fungsi hadits sebagai bayan at-tafsir
§  Menjelaskan fungsi hadits sebagai bayan at-tasyri’

D.   Materi Pembelajaran :
§  Kedudukan hadis sebagai sumber hukum Islam ke dua.
§  Macam fungsi hadis terhadap al-Qur'an:
-     Bayan At-Taqrir
-     Bayan At-Tafsir
-     Bayan At-Tasyri'

E.   Metode Pembelajaran
§  Model       : Kooperatif Learning (Student Group)
§  Metode     : Ceramah; Tanya jawab; Diskusi; Penugasan; Kerja kelompok; Refleksi

F.    Langkah Pembelajaran :
  • Pendahuluaan

§  Siswa membaca do’a dilanjutkan membaca beberapa ayat Al-Qur’an.

§  Guru menjelaskan kompetensi yang harus dicapai siswa dalam kegiatan pembelajaran
§  Guru menanyakan apa fungsi dan tugas manusia diciptakan Allah(sebagai motivasi)


  • Kegiatan Inti

§  Membaca  literartur untuk menggali materi  yang berkaitan dengan kedudukan dan  fungsi hadits terhadap al-Qur’an

§  Tanya jawab dan mendengar penjelasan tentang pengertian masing-masing fungsi hadits terhadap al-Qur’an

§  Berdiskusi kelompok untuk membahas masalah yang terkait dengan fungsi hadits


  • Penutup

§  Guru memberikan tugas mengerjakan soal yang telah disiapkan.

§  Refleksi/Aplikasi Quantum.


G.   Sumber Belajar :
§  Buku pelajaran siswa
§  Azhar Basyir,
§  Rangkuman
§  Ilmu Mustholah
§  Hadis
§  M. Ajjaj al-Khathib, Ushul al-Hadis
§  Hadis, Jakarta: Bulan Bintang
§  Referensi di perpustakaan
§  Internet
    
H.   Penilaian
o   Penilaian  Proses
o   Penilaian Hasil
§   Jenis Tagihan:
     Tes Tulis
     Tugas
§   Bentuk instrumen
     Tes Subyektif
     Tugas Individual


Mengetahui,
Kepala MA



……………………………

…………….. ……..,  20…..
Guru Mata Pelajaran



……………………………


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Satuan Pendidikan      :  Madrasah Aliyah
Mata Pelajaran              :  Qur'an Hadits
Kelas/Semester            :  X / Genap
Alokasi Waktu               : 2 jam pelajaran


A.   Standar Kompetensi:
9.      Mendeskripsikan fungsi hadits terhadap  al-Qur’an

B.   Kompetensi  Dasar
9.2    Menunjuk-kan contoh fungsi hadits terhadap al-Qur’an

C.   Indikator Keberhasilan Belajar :
§  Menunjukkan contoh fungsi hadits sebagai bayan At-Taqrir
§  Menunjukkan contoh fungsi hadits sebagai bayan At-Tafsir
§  Menunjukkan contoh fungsi hadits sebagai bayan At-Tasyri’

D.   Materi Pembelajaran :
§  Contoh Bayan At-Taqrir
§  Contoh Bayan At-Tafsir
§  ContohBayan At-Tasyri'

E.   Metode Pembelajaran
§  Model       : Kooperatif Learning (Student Group)
§  Metode     : Ceramah; Tanya jawab; Diskusi; Penugasan; Kerja kelompok; Refleksi

F.    Langkah Pembelajaran :
  • Pendahuluaan

§  Siswa membaca do’a dilanjutkan membaca beberapa ayat Al-Qur’an.

§  Guru menjelaskan kompetensi yang harus dicapai siswa dalam kegiatan pembelajaran
§  Guru menanyakan apa fungsi dan tugas manusia diciptakan Allah(sebagai motivasi)

  • Kegiatan Inti

§  Tanya jawab dan berdiskusi membahas contoh masing-masing fungsi hadits terhadap al-Qur’an


  • Penutup

§  Guru memberikan tugas mengerjakan soal yang telah disiapkan.

§  Refleksi/Aplikasi Quantum.


G.   Sumber Belajar :
§  Buku pelajaran siswa
§  Azhar Basyir,
§  Rangkuman
§  Ilmu Mustholah
§  Hadis
§  M. Ajjaj al-Khathib, Ushul al-Hadis
§  Hadis, Jakarta: Bulan Bintang
§  Referensi di perpustakaan
§  Internet
     
H.   Penilaian
o   Penilaian  Proses
o   Penilaian Hasil
§   Jenis Tagihan:
     Tes Tulis
     Tugas
§   Bentuk instrumen
     Tes Subyektif
     Tugas Individual


Mengetahui,
Kepala MA



……………………………

…………….. ……..,  20…..
Guru Mata Pelajaran



……………………………


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Satuan Pendidikan      :  Madrasah Aliyah
Mata Pelajaran              :  Qur'an Hadits
Kelas/Semester            :  X / Genap
Alokasi Waktu               : 2 jam pelajaran


A.   Standar Kompetensi:
9.      Mendeskripsikan fungsi hadits terhadap  al-Qur’an

B.   Kompetensi  Dasar
9.3    Menerapkan fungsi hadits terhadap al-Qur’an

C.   Indikator Keberhasilan Belajar :
§  Menentukan waktu awal dan akhir ramadhan berdasarkan hadits sebagai pelaksanaan bayan at-taqrir
§  Melaksanakan hukuman untuk pencuri berdasarkan hadits sebagai pelaksanaan bayan at-tafsir
§  Menetapkan hukum menikahin wanita karena sepersusuan berdasarkan hadits sebagai bayan at-tasyri’

D.   Materi Pembelajaran :
§  Penerapan Bayan At-Taqrir; Bayan At-Tafsir dan Bayan At-Tasyri'

E.   Metode Pembelajaran
§  Model       : Kooperatif Learning (Student Group)
§  Metode     : Ceramah; Tanya jawab; Diskusi; Penugasan; Kerja kelompok; Refleksi

F.    Langkah Pembelajaran :
  • Pendahuluaan

§  Siswa membaca do’a dilanjutkan membaca beberapa ayat Al-Qur’an.

§  Guru menjelaskan kompetensi yang harus dicapai siswa dalam kegiatan pembelajaran
§  Guru menanyakan apa fungsi dan tugas manusia diciptakan Allah(sebagai motivasi)

  • Kegiatan Inti

§  Berdiskusi mengenai pelaksanaan fungsi hadits terhadap al-Qur’an dalam kehidupan, yang berkaitan dalam masalah ibadah maupun hukum


  • Penutup

§  Guru memberikan tugas mengerjakan soal yang telah disiapkan.

§  Refleksi/Aplikasi Quantum.


G.   Sumber Belajar :
§  Buku pelajaran siswa
§  Azhar Basyir,
§  Rangkuman
§  Ilmu Mustholah
§  Hadis
§  M. Ajjaj al-Khathib, Ushul al-Hadis
§  Hadis, Jakarta: Bulan Bintang
§  Referensi di perpustakaan
§  Internet
    
H.   Penilaian
o   Penilaian  Proses
o   Penilaian Hasil
§   Jenis Tagihan:
     Tes Tulis
     Tugas
§   Bentuk instrumen
     Tes Subyektif
     Tugas Individual


Mengetahui,
Kepala MA



……………………………

…………….. ……..,  20…..
Guru Mata Pelajaran



……………………………


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Satuan Pendidikan      :  Madrasah Aliyah
Mata Pelajaran              :  Qur'an Hadits
Kelas/Semester            :  X / Genap
Alokasi Waktu               : 2 jam pelajaran


A.   Standar Kompetensi:
10.    Memahami pembagian hadits dari segi kuantitas dan kualitasnya

B.   Kompetensi  Dasar
10.1 Menjelaskan pembagian hadits dari segi kuantitas-nya

C.   Indikator Keberhasilan Belajar :
§  Menjelaskan pengertian hadits Mutawatir
§  Menjelaskan pengertian hadits Masyhur
§  Menjelaskan pengertian hadits ’Aziz
§  Menjelaskan pengertian hadits gharib

D.   Materi Pembelajaran :
§  Pembagian hadits dari segi kuantitasnya:
-    Hadits Mutawatir
-    Hadits Masyhur
-    Hadits ’aziz
-    Hadits gharib

E.   Metode Pembelajaran
§  Model       : Kooperatif Learning (Student Group)
§  Metode     : Ceramah; Tanya jawab; Diskusi; Penugasan; Kerja kelompok; Refleksi

F.    Langkah Pembelajaran :
  • Pendahuluaan

§  Siswa membaca do’a dilanjutkan membaca beberapa ayat Al-Qur’an.

§  Guru menjelaskan kompetensi yang harus dicapai siswa dalam kegiatan pembelajaran
§  Guru menanyakan apa fungsi dan tugas manusia diciptakan Allah(sebagai motivasi)


  • Kegiatan Inti

§  Membaca  literartur untuk menggali materi  yang berkaitan dengan pembagian hadits dari segi kuantitasnya

§  Tanya jawab dan mendengar penjelasan tentang pengertian masing-masing hadits ditinjau dari segi  kuantitasnya

  • Penutup

§  Guru memberikan tugas mengerjakan soal yang telah disiapkan.

§  Refleksi/Aplikasi Quantum.


G.   Sumber Belajar :

§  Buku pelajaran siswa

§  Azhar Basyir,

§  Rangkuman

§  Ilmu Mustholah Hadis

§  M. Ajjaj al-Khathib, Ushul al-Hadis

§  Referensi di perpustakaan

    
H.   Penilaian
o   Penilaian  Proses
o   Penilaian Hasil
§   Jenis Tagihan:
     Tes Tulis
     Tugas
§   Bentuk instrumen
     Tes Subyektif
     Tugas Individual


Mengetahui,
Kepala MA



……………………………

…………….. ……..,  20…..
Guru Mata Pelajaran



……………………………


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Satuan Pendidikan      :  Madrasah Aliyah
Mata Pelajaran              :  Qur'an Hadits
Kelas/Semester            :  X / Genap
Alokasi Waktu               : 2 jam pelajaran


A.   Standar Kompetensi:
10.    Memahami pembagian hadits dari segi kuantitas dan kualitasnya

B.   Kompetensi  Dasar
10.2 Menjelaskan pembagian hadits dari segi kualitasnya

C.   Indikator Keberhasilan Belajar :
§  Menjelaskan pengertian hadits shohih
§  Menjelaskan pengertian hadits hasan
§  Menjelaskan pengertian hadits dho’if
§  Menerangkan ciri-ciri hadits shohih
§  Menerangkan ciri-ciri hadits hasan
§  Menerangkan ciri-ciri hadits dha’if

D.   Materi Pembelajaran :
§  Pembagian hadits dari segi kualitasnya:
-    Hadits Shohih
-    Hadits Hasan
-    Hadits Dho’ if

E.   Metode Pembelajaran
§  Model       : Kooperatif Learning (Student Group)
§  Metode     : Ceramah; Tanya jawab; Diskusi; Penugasan; Kerja kelompok; Refleksi

F.    Langkah Pembelajaran :
  • Pendahuluaan

§  Siswa membaca do’a dilanjutkan membaca beberapa ayat Al-Qur’an.

§  Guru menjelaskan kompetensi yang harus dicapai siswa dalam kegiatan pembelajaran
§  Guru menanyakan apa fungsi dan tugas manusia diciptakan Allah(sebagai motivasi)

  • Kegiatan Inti

§  Membaca  literartur untuk menggali materi  yang berkaitan dengan pembagian hadits ditinjau dari segi kualitasnya

§  Tanya jawab dan mendengar penjelasan tentang pengertian masing-masing hadits ditinjau dari segi kualitasnya beserta ciri-cirinya


  • Penutup

§  Guru memberikan tugas mengerjakan soal yang telah disiapkan.

§  Refleksi/Aplikasi Quantum.


G.   Sumber Belajar :

§  Buku pelajaran siswa

§  Azhar Basyir,

§  Rangkuman

§  Ilmu Mustholah Hadis

§  M. Ajjaj al-Khathib, Ushul al-Hadis

§  Referensi di perpustakaan

    
H.   Penilaian
o   Penilaian  Proses
o   Penilaian Hasil
§   Jenis Tagihan:
     Tes Tulis
     Tugas
§   Bentuk instrumen
     Tes Subyektif
     Tugas Individual


Mengetahui,
Kepala MA



……………………………

…………….. ……..,  20…..
Guru Mata Pelajaran



……………………………


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Satuan Pendidikan      :  Madrasah Aliyah
Mata Pelajaran              :  Qur'an Hadits
Kelas/Semester            :  X / Genap
Alokasi Waktu               : 2 jam pelajaran


A.   Standar Kompetensi:
11.    Memahami ayat-ayat al-Qur’an tentang keikhlasan dalam beribadah

B.   Kompetensi  Dasar
11.1 Mengartikan Q.S. Al-An’am: 162-163; Q.S. Al-Bayyinah: 5. dan hadits tentang keikhlasan dalam beribadah.

C.   Indikator Keberhasilan Belajar :
§  Membaca QS. Al-An’am: 162-163
§  Membaca QS. . Al-Bayyinah: 5
§  Membaca hadits tentang keikhlasan dalam beribadah.
§  Menyebutkan makna mufradat
§  Mengartikan QS. Al-An’am: 162-163
§  Mengartikan QS. Al-Bayyinah: 5
§  Mengartikan hadits tentang keikhlasan dalam beribadah

D.   Materi Pembelajaran :
§  Arti Q.S. Al-An’am: 162-163; Q.S. Al-Bayyinah: 5. dan hadits tentang keikhlasan dalam beribadah

E.   Metode Pembelajaran
§  Model       :  Kooperatif Learning (Information Search))
§  Metode     : Ceramah; Tanya jawab; Diskusi; Penugasan; Kerja kelompok; Simulasi ,Refleksi

F.    Langkah Pembelajaran :
o   Pendahuluaan

§  Siswa membaca do’a.

§  Guru menjelaskan kompetensi yang harus dicapai siswa dalam kegiatan pembelajaran
§  Tanya jawab secara klassikal penerapan amar makruf nahi munkar


o   Kegiatan Inti

§  Siswa dibagi 9 kelompok(sesuai dengan pokok permasalahan yang akan dibahas).

§  Guru membagikan bahan permasalahan kepada masing-masing kelompok dengan permasalahan yang berbeda.

§  Memperhatikan tayangan lewat media audio visual atau pengamatan di lingkungan sosial masyarakat tentang berbagai aktifitas ibadah khaas  dan iadah ’aam.

§  Setiap kelompok mencari jawaban/simulasi sesuai dengan permasalahan yang ada , dengan cara masing-masing anggota kelompok memberikan alternatif jawaban.

§  Setiap kelompok membuat rumusan pemecahan masalah/pelaksanaan dari permasalahan yang ada.

§  Setiap kelompok  mensimulasikan hasil rumusan kelompok . Kelompok lain memperhatikan dan memberi tanggapan.

§  Guru memandu proses simulasi masing-masing kelompok

§  Guru dan siswa mendiskusikan permasalahan untuk mencapai kesepakatan bersama.  .

§  Masing-masing siswa kembali ke tempat duduknya.

§  Tanya jawab dengan guru apabila ada masalah yang belum dimengerti.


o   Penutup

§  Siswa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru secara lisan.

§  Guru memberikan motivasi kepada siswa untuk mempelajari materi berikutnya.

§  Guru memberikan tugas individu

§  Refleksi/Aplikasi Quantum.

§  Guru bersama siswa membaca tasbih   tahmid dan tahlil 7x secara khidmat.


G.   Sumber Belajar :
§  Buku pelajaran siswa
§  Depag. Al-Qur'an dan terjemahannya
§  Hamka, Tafsir al-Azhar,Jakarta, Pustaka Panjimas 
§  M.Quraish Shihab,Tafsir al-Mishbah.
§  Referensi perpustakaan
§  Internet

H.   Penilaian :
  • Penilaian  Proses
  • Penilaian Hasil
§   Jenis Tagihan:
     Tes Tulis
     Tugas
§   Bentuk instrumen
     Tes Subyektif
     Tugas Individual



Mengetahui,
Kepala MA



……………………………

…………….. ……..,  20…..
Guru Mata Pelajaran



……………………………

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Satuan Pendidikan      :  Madrasah Aliyah
Mata Pelajaran              :  Qur'an Hadits
Kelas/Semester            :  X / Genap
Alokasi Waktu               : 2 jam pelajaran


A.   Standar Kompetensi:
11.    Memahami ayat-ayat al-Qur’an tentang keikhlasan dalam beribadah

B.   Kompetensi  Dasar
11.2 Menjelaskan kandungan Q.S. Al-An’am: 162-163; Q.S. Al-Bayyinah: 5. dan hadits tentang keikhlasan dalam beribadah.

C.   Indikator Keberhasilan Belajar :
§  Menjelaskan kandungan ayat tentang tentang sholat, ibadah, hidup dan mati manusia hanya untuk Allah sebagaimana terkandung dalam QS. Al-An’am :162
§  Menjelaskan kandungan ayat tentang  larangan syirik seperti  terkandung dalam QS Al-An’am : 163
§  Menjelaskan kandungan ayat tentang memurnikan ketauhidan sebagaimana yang terkandung dalam  QS.Al-Bayyinah :5
§  Menjelaskan kandungan ayat tentang
§  perintah mendirikan sholat sebagaimana terkandung dalam QS Al-Bayyinah:5
§  Menjelaskan kandungan ayat tentang
§  perintah mendirikan sholat sebagaimana terkandung dalam QS Al-Bayyinah:5
§  Menjelaskan kandungan hadits tentang ikhlas dan istiqomah sebagaimana terkandung dalam hadits tentang ikhlas dalam ibadah

D.   Materi Pembelajaran :
§  Penjelasan Q.S. Al-An’am: 162-163; Q.S. Al-Bayyinah: 5. dan hadits tentang keikhlasan dalam beribadah
§  Yang menegaskan perintah hanya menyembah Allah dan memurnikan ketaatan kepada-Nya dalam menjalankan agama dengan lurus dan ikhlas

E.   Metode Pembelajaran
§  Model       :  Kooperatif Learning (Information Search))
§  Metode     : Ceramah; Tanya jawab; Diskusi; Penugasan; Kerja kelompok; Simulasi ,Refleksi


F.    Langkah Pembelajaran :
o   Pendahuluaan

§  Siswa membaca do’a.

§  Guru menjelaskan kompetensi yang harus dicapai siswa dalam kegiatan pembelajaran
§  Tanya jawab secara klassikal penerapan amar makruf nahi munkar

o   Kegiatan Inti

§  Menggali informasi mengenai ikhlas dalam beribadah dari berbagai sumber belajar.

§  Membahas satu persatu kandungan Q.S. Al-An’am: 162-163; Q.S. Al-Bayyinah: 5. dan hadits tentang keikhlasan dalam beribadah dengan tanya jawab dan diskusi kelompok


o   Penutup

§  Siswa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru secara lisan.

§  Guru memberikan motivasi kepada siswa untuk mempelajari materi berikutnya.

§  Guru memberikan tugas individu

§  Refleksi/Aplikasi Quantum.


G.   Sumber Belajar :
§  Buku pelajaran siswa
§  Depag. Al-Qur'an dan terjemahannya
§  Hamka, Tafsir al-Azhar,Jakarta, Pustaka Panjimas 
§  M.Quraish Shihab,Tafsir al-Mishbah.
§  Referensi perpustakaan
§  Internet

H.   Penilaian :
  • Penilaian  Proses
  • Penilaian Hasil
§   Jenis Tagihan:
     Tes Tulis
     Tugas
§   Bentuk instrumen
     Tes Subyektif
     Tugas Individual






Mengetahui,
Kepala MA



……………………………

…………….. ……..,  20…..
Guru Mata Pelajaran



……………………………

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Satuan Pendidikan      :  Madrasah Aliyah
Mata Pelajaran              :  Qur'an Hadits
Kelas/Semester            :  X / Genap
Alokasi Waktu               : 2 jam pelajaran

A.   Standar Kompetensi:
11.    Memahami ayat-ayat al-Qur’an tentang keikhlasan dalam beribadah

B.   Kompetensi  Dasar
11.3 Menunjukkan  perilaku orang yang mengamal-kan Q.S. Al-An’am: 162-163; Q.S. Al-Bayyinah: 5 dan hadits tentang keikhlasan dalam beribadah.

C.   Indikator Keberhasilan Belajar :
§  Menunjukkan figur ulama yang dalam menghadapi kehidupannya menampilkan perilaku memurnikan ketauhidan kepada Allah.
§  Menunjukkan sosok manusia yang dalam sholat, ibadah, dan segala aktifitasnya hanya untuk mencari ridlo Allah
§  Menunjukkan perilaku orang yang khusyu dan istiqomah dalam sholat.
§  Menunjukkan perilaku orang yang secara nyata menunaikan zakat apabila mencapai nisabnya dan gemar bershodaqah.
§  Menunjukkan perilaku orang yang melaksanakan ibadah puasa secara istiqomah.
§  Menunjukkan perilaku orang yang melaksanakan ibadah ib
§  Menunjukkan perilaku orang yang melaksanakan,membaca al-Qur’an  secara istiqomah

D.   Materi Pembelajaran :
§  Contoh-contoh orang yang hanya  menyembah Allah dan memurnikan ketaatan kepada-Nya dalam menjalankan agama dengan lurus dan ikhlas

E.   Metode Pembelajaran
§  Model       :  Kooperatif Learning (Information Search))
§  Metode     : Ceramah; Tanya jawab; Diskusi; Penugasan; Kerja kelompok; Simulasi ,Refleksi

F.    Langkah Pembelajaran :
o   Pendahuluaan

§  Siswa membaca do’a.

§  Guru menjelaskan kompetensi yang harus dicapai siswa dalam kegiatan pembelajaran
§  Tanya jawab secara klassikal penerapan amar makruf nahi munkar

o   Kegiatan Inti

§  Memperhatikan tayangan melalui media audio visual sosok orang yang ikhlas.

§  Secara berkelompok berdiskusi mengenai ciri-ciri sosok orang yang memiliki keikhlasan dalam beribadah dan memurnikan ketauhidan sebagaimana terkandung dalam Q.S. Al-An’am: 162-163; Q.S. Al-Bayyinah: 5 dan hadits tentang keikhlasan dalam beribadah.

§  Mengambil kesimpulan setelah bersimulasi dan diskusi mengenai penerapan dari kandungan masing-masing ayat


o   Penutup

§  Siswa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru secara lisan.

§  Guru memberikan motivasi kepada siswa untuk mempelajari materi berikutnya.

§  Guru memberikan tugas individu

§  Refleksi/Aplikasi Quantum.


G.   Sumber Belajar :
§  Buku pelajaran siswa
§  Depag. Al-Qur'an dan terjemahannya
§  Hamka, Tafsir al-Azhar,Jakarta, Pustaka Panjimas 
§  M.Quraish Shihab,Tafsir al-Mishbah.
§  Referensi perpustakaan
§  Internet

H.   Penilaian :
  • Penilaian  Proses
  • Penilaian Hasil
§   Jenis Tagihan:
     Tes Tulis
     Tugas
§   Bentuk instrumen
     Tes Subyektif
     Tugas Individual



Mengetahui,
Kepala MA



……………………………

…………….. ……..,  20…..
Guru Mata Pelajaran



……………………………

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Satuan Pendidikan      :  Madrasah Aliyah
Mata Pelajaran              :  Qur'an Hadits
Kelas/Semester            :  X / Genap
Alokasi Waktu               : 2 jam pelajaran

A.   Standar Kompetensi:
11.    Memahami ayat-ayat al-Qur’an tentang keikhlasan dalam beribadah

B.   Kompetensi  Dasar
11.4 Menampilkan perilaku ikhlas dalam beribadah seperti yang terkandung dalam QS.  Al-An’am: 162-163 ; Q.S. Al- Bayyinah: 5 dan hadits tentang keikhlasan dalam beribadah.

C.   Indikator Keberhasilan Belajar :
§  Menerapkan sholat wajib 5 waktu tepat waktu tanpa disuruh
§  Melaksanakan ibadah sunnah dengan istiqomah
§  Meningkatkan kualitas ibadah sebagai wujud ketaatannya kepada Allah
§  Memberikan bantuan materi secara spontanitas dalam berbagai aktifitas sosial.
§  Melakukan perbuatan sebagai perwujudan dari  sikap kepedulian sosial yang tinggi dalam situasi kondisi apapun
§  Melakukan aktifitas kehidupan jauh dari sifat syirik
§  Melaksanakan tugas bukan karena pujian manusia.
§  Mengerjakan kewajiban dalam hidup bukan karena ingin mendapatkan materi
§  Melaksanakan segala aktifitas hanya mengharapkan ridlo Allah

D.   Materi Pembelajaran :
§  Contoh-contoh orang yang hanya  menyembah Allah dan memurnikan ketaatan kepada-Nya dalam menjalankan agama dengan lurus dan ikhlas

E.   Metode Pembelajaran
§  Model       :  Kooperatif Learning (Information Search))
§  Metode     : Ceramah; Tanya jawab; Diskusi; Penugasan; Kerja kelompok; Simulasi ,Refleksi

F.    Langkah Pembelajaran :
o   Pendahuluaan
§  Siswa membaca do’a.
§  Guru menjelaskan kompetensi yang harus dicapai siswa dalam kegiatan pembelajaran
§  Tanya jawab secara klassikal penerapan amar makruf nahi munkar

o   Kegiatan Inti

§  Secara berkelompok mengadakan simulasi bagaimana menerapkan  kandungan masing –masing ayat dari Q.S. Al-An’am: 162-163; Q.S. Al-Bayyinah: 5 dan hadits tentang keikhlasan dalam beribadah dan menjauhkan dari sifat syirik.

§  Mengambil kesimpulan setelah bersimulasi dan diskusi mengenai penerapan dari kandungan masing-masing ayat


o   Penutup

§  Siswa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru secara lisan.

§  Guru memberikan motivasi kepada siswa untuk mempelajari materi berikutnya.

§  Guru memberikan tugas individu

§  Refleksi/Aplikasi Quantum.


G.   Sumber Belajar :
§  Buku pelajaran siswa
§  Depag. Al-Qur'an dan terjemahannya
§  Hamka, Tafsir al-Azhar,Jakarta, Pustaka Panjimas 
§  M.Quraish Shihab,Tafsir al-Mishbah.
§  Referensi perpustakaan
§  Internet

H.   Penilaian :
  • Penilaian  Proses
  • Penilaian Hasil
§   Jenis Tagihan:
     Tes Tulis
     Tugas
§   Bentuk instrumen
     Tes Subyektif
     Tugas Individual


Mengetahui,
Kepala MA



……………………………

…………….. ……..,  20…..
Guru Mata Pelajaran



……………………………

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS