Pages - Menu

RPP Al QUR'AN HADITS MA KELAS X SMT I


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Satuan Pendidikan      :  Madrasah Aliyah
Mata Pelajaran              :  Qur'an Hadits
Kelas/Semester            :  X / Ganjil
Alokasi Waktu               : 2 jam pelajaran


A.   Standar Kompetensi:
1.      Memahami pengertian Al-Qur’an dan bukti keotentikannya

B.   Kompetensi  Dasar
1.1    Menjelaskan pengertian al-Qur’an menurut para ahli

C.   Indikator Keberhasilan Belajar :
§  Menguraikan pengertian al-Qur’an menurut bahasa
§  Menjelaskan pengertian al-Qur'an menurut beberapa pendapat para ahli.
§  Menyimpulkan pengertian al-Qur'an dari beberapa pendapat para ahli.

D.   Materi Pembelajaran :
§  Pengertian al-Qur'an menurut bahasa
§  Pengertian menurut pendapat para ahli:
     Muhammad  Abduh
     Muhammad Khudhari Beik
     Muhammad Ali al-Shabuny
     Shubhi Ash-Shalih.

E.   Metode Pembelajaran
§  Model       :  Kooperatif Learning (Small Group Discussion)
§  Metode     : Ceramah; Tanya jawab; Diskusi; Penugasan; Kerja kelompok; Refleksi

F.    Langkah Pembelajaran :
o   Pendahuluaan

§  Siswa membaca do’a dilanjutkan membaca beberapa ayat Al-Qur’an.

§  Guru menjelaskan kompetensi yang harus dicapai siswa dalam kegiatan pembelajaran
§  Guru menanyakan tujuan dan manfaat mempelajari al-Qur’an


o   Kegiatan Inti
§  Siswa dibagi beberapa kelompok. Setiap kelompok 4 siswa.
§  Masing-masing kelompok membaca literatur untuk menggali  pendapat para ahli tentang pengertian al-Qur'an
§  Masing-masing kelompok  mendiskusikan tentang masalah berikut:
     Pengertian al-Qur’an menurut bahasa
     Pengertian al-Qur’an menurut istilah berdasarkan   pendapat para ahli .
     Persamaan dan perbedaan pengertian al-Qur’an menurut pendapat para ahli.
     Membuat rumusan dengan bahasa sendiri pengertian al-Qur’an menurut istilah.
§  Masing-masing perwakilan kelompok menyampaikan hasil diskusi.
§  Guru memberikan penilaian/pengukuhan pada masing-masing kelompok
§  Tanya jawab tentang maksud yang terkandung dalam pengertian al-Qur’an
§  Menyimpulkan pengertian al-Qur’an

o   Penutup
§  Siswa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru secara lisan.
§  Guru memberikan motivasi kepada siswa untuk memperbanyak membaca al-Qur’an.
§  Guru memberikan tugas mengerjakan soal yang telah disiapkan.
§  Refleksi/Aplikasi Quantum.
§  Guru bersama siswa mengumandangkan syair/do’a senandung Al-Qur’an secara khidmat

G.   Sumber Belajar :
§  Buku pelajaran siswa.
§  Depag. Al-Qur'an dan Terjemahannya
§  Depag, al-Qur'an dan Tafsirnya
§  Masyfuk Zuhdi,Pengantar ulumul Qur'an
§  Muhammad Ali Ash-Shabuuny,Studi Ilmu al-Qur'an
§  Muhammad Amin Suma, Sudi ilmu-ilmu al-Qur'an
§  Muhammad bin Alawi al-Maliki Al-Hasni, Zubdah al-Itqan fi 'Ulum al-Qur'an
§  M. Quraish Shihab, Membumikan al-Qur'an
§  TM. Hashbi Ash-Shiddiqi, Sejarah dan Pengantar Ilmu Al-Qur’an

H.   Penilaian :
o   Penilaian  Proses
o   Penilaian Hasil
§  Jenis Tagihan:
     Tes Tulis
     Tugas
§  Bentuk instrumen
     Tes Subyektif
     Tugas Individual





Mengetahui,
Kepala MA



……………………………

…………….. ……..,  20…..
Guru Mata Pelajaran



……………………………

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Satuan Pendidikan      :  Madrasah Aliyah
Mata Pelajaran              :  Qur'an Hadits
Kelas/Semester            :  X / Ganjil
Alokasi Waktu               : 2 jam pelajaran

A.   Standar Kompetensi:
1.      Memahami pengertian Al-Qur’an dan bukti keotentikannya

B.   Kompetensi  Dasar
1.2    Membuktikan keautentikan al-Qur’an ditinjau dari segi keunikan redaksinya, kemukjizatannya, dan sejarahnya

C.   Indikator Keberhasilan Belajar :
§  Menjelaskan pengertian mukjizat menurut  Bahasa dan istilah
§  Menjelaskan keautentikan al-Qur’an berdasarkan  bukti-bukti al-Qur’an sendiri.
§  Menjelaskan keautentikan al-Qur’an dari sejarah turun sampai pembukuannya.
§  Menjelaskan keautentikan al-Qur’an dari segi keindahan dan ketelitian redaksinya
§  Menjelaskan keautentikan al-Qur’an dari aspek pemberitaan gaibnya
§  Menjelaskan keautentikan al-Qur’an aspek isyarat ilmiahnya

D.   Materi Pembelajaran :
§  Bukti keautentikan al-Qur’an ditinjau dari:
     Bukti-bukti dari al-Qur’an sendiri
     Buki-bukti kesejarahan
§  Bukti kebenaran al-Qur’an, ditinjau dari tiga aspek:
     aspek keindahan dan ketelitian redaksi-redaksinya
     aspek pemberitaan gaibnya
     Aspek isyarat ilmiahnya.

E.   Metode Pembelajaran
§  Model       :  Kooperatif Learning (Small Group Discussion)
§  Metode     : Ceramah; Tanya jawab; Diskusi; Penugasan; Kerja kelompok; Refleksi

F.    Langkah Pembelajaran :
o   Pendahuluaan

§  Siswa membaca do’a dilanjutkan membaca beberapa ayat Al-Qur’an.

§  Guru menjelaskan kompetensi yang harus dicapai siswa dalam kegiatan pembelajaran
§  Guru menanyakan tujuan dan manfaat mempelajari al-Qur’an

o   Kegiatan Inti
§  Siswa diagi beberapa kelompok.
§  Semua kelmpok membaca literatur untuk menemukan pemahaman tentang keautentikan al-Qur’an
§  Memperhatikan tayangan melalui media audio visual tentang kemukjizatan al-Quir’an sambil mencatat inti materi
§  Tanya jawab tentang pengertian mukjizat.
§  Mendiskusikan masalah   keautentikan al-Qur’an ditinjau dari bukti-bukti dari al-Qur’an sendiri
     buki-bukti    kesejarahan
     Bukti kebenaran al-Qur’an.
§  Menyimpulkan hasil diskusi kelompok

o   Penutup
§  Siswa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru secara lisan.
§  Guru memberikan motivasi kepada siswa untuk memperbanyak membaca al-Qur’an.
§  Guru memberikan tugas mengerjakan soal yang telah disiapkan.
§  Refleksi/Aplikasi Quantum.
§  Guru bersama siswa mengumandangkan syair/do’a senandung Al-Qur’an secara khidmat

G.   Sumber Belajar :
§  Buku pelajaran siswa.
§  Depag. Al-Qur'an dan Terjemahannya
§  Depag, al-Qur'an dan Tafsirnya
§  Masyfuk Zuhdi,Pengantar ulumul Qur'an
§  Muhammad Ali Ash-Shabuuny,Studi Ilmu al-Qur'an
§  Muhammad Amin Suma, Sudi ilmu-ilmu al-Qur'an
§  Muhammad bin Alawi al-Maliki Al-Hasni, Zubdah al-Itqan fi 'Ulum al-Qur'an
§  M. Quraish Shihab, Membumikan al-Qur'an
§  TM. Hashbi Ash-Shiddiqi, Sejarah dan Pengantar Ilmu Al-Qur’an

H.   Penilaian :
o   Penilaian  Proses
o   Penilaian Hasil
§  Jenis Tagihan:
     Tes Tulis
     Tugas
§  Bentuk instrumen
     Tes Subyektif
     Tugas Individual





Mengetahui,
Kepala MA



……………………………

…………….. ……..,  20…..
Guru Mata Pelajaran



……………………………

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Satuan Pendidikan      :  Madrasah Aliyah
Mata Pelajaran              :  Qur'an Hadits
Kelas/Semester            :  X / Ganjil
Alokasi Waktu               : 2 jam pelajaran

A.   Standar Kompetensi:
1.      Memahami pengertian Al-Qur’an dan bukti keotentikannya

B.   Kompetensi  Dasar
1.3    Menunjukkan prilaku orang yang meyakini kebenaran al-Qur’an

C.   Indikator Keberhasilan Belajar :
§  Menjelaskan bahwa al- Qur’an merupakan wahyu Allah, bukan buatan Nabi Muhammad saw.
§  Menunjukkan  bukti kebenaran al-Qur’an yang dikemukakan dalam ayat  berisi  tantangan yang sifatnya bertahap
§  Menunjukkan  contoh orang yang meyakini kebenaran al-Qur’an
§  Menggunakan al-Qur’an seagai pedoman dalam menyelesaikan permasalahan.

D.   Materi Pembelajaran :
§  QS. Ath-Thur:34; QS Huud: 13; QS Yunus: 38; dan QS Al-Baqarah: 23.

E.   Metode Pembelajaran
§  Model       :  Kooperatif Learning (Small Group Discussion)
§  Metode     : Ceramah; Tanya jawab; Diskusi; Penugasan; Kerja kelompok; Refleksi

F.    Langkah Pembelajaran :
o   Pendahuluaan

§  Siswa membaca do’a dilanjutkan membaca beberapa ayat Al-Qur’an.

§  Guru menjelaskan kompetensi yang harus dicapai siswa dalam kegiatan pembelajaran
§  Guru menanyakan tujuan dan manfaat mempelajari al-Qur’an

o   Kegiatan Inti
§  Tanya jawab tentang bukti-bukti kebenaran al-Qur’an.
§  Siswa diagi menjadi beberapa kelompok.
§  Membaca ayat yang berkaitan dengan bukti-bukti kebenaran al-Qur’an QS. Ath-Thur:34; QS Huud: 13; QS Yunus: 38; dan QS Al-Baqarah: 23. 
§  Secara berpasangan saling menyimak kemampuan mengartikan makna mufrodat dan terjemah masing-masing ayat.  
§  Mendiskusikan  kandungan ayat dan bukti kebenaran al-Qur’an

o   Penutup
§  Siswa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru secara lisan.
§  Guru memberikan motivasi kepada siswa untuk memperbanyak membaca al-Qur’an.
§  Guru memberikan tugas mengerjakan soal yang telah disiapkan.
§  Refleksi/Aplikasi Quantum.
§  Guru bersama siswa mengumandangkan syair/do’a senandung Al-Qur’an secara khidmat

G.   Sumber Belajar :
§  Buku pelajaran siswa.
§  Depag. Al-Qur'an dan Terjemahannya
§  Depag, al-Qur'an dan Tafsirnya
§  Masyfuk Zuhdi,Pengantar ulumul Qur'an
§  Muhammad Ali Ash-Shabuuny,Studi Ilmu al-Qur'an
§  Muhammad Amin Suma, Sudi ilmu-ilmu al-Qur'an
§  Muhammad bin Alawi al-Maliki Al-Hasni, Zubdah al-Itqan fi 'Ulum al-Qur'an
§  M. Quraish Shihab, Membumikan al-Qur'an
§  TM. Hashbi Ash-Shiddiqi, Sejarah dan Pengantar Ilmu Al-Qur’an

H.   Penilaian :
o   Penilaian  Proses
o   Penilaian Hasil
§  Jenis Tagihan:
     Tes Tulis
     Tugas
§  Bentuk instrumen
     Tes Subyektif
     Tugas Individual

Mengetahui,
Kepala MA



……………………………

…………….. ……..,  20…..
Guru Mata Pelajaran



……………………………

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Satuan Pendidikan      :  Madrasah Aliyah
Mata Pelajaran              :  Qur'an Hadits
Kelas/Semester            :  X / Ganjil
Alokasi Waktu               : 2 jam pelajaran


A.   Standar Kompetensi:
2.      Memahami isi pokok ajaran al-Qur’an

B.   Kompetensi  Dasar
2.1    Mengidentifikasi isi pokok ajaran al-Qur’an

C.   Indikator Keberhasilan Belajar :
§  Menyebutkan isi pokok- al-Qur’an
§  Menjelaskan maksud aqidah
§  Menjelaskan maksud ibadah dan muamalah
§  Menjelaskan maksud akhlak
§  Menjelaskan maksud hukum
§  Menjelaskan maksud sejarah
§  Menjelaskan  isyarat pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

D.   Materi Pembelajaran :
§  Isi pokok al-Qur’an meliputi
-       Aqidah
-       Ibadah dan Muamalah
-       Akhlak
-       Hukum
-       Sejarah
§  Isyarat pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi

E.   Metode Pembelajaran
§  Model       :  Kooperatif Learning (Small Group Discussion)
§  Metode     : Ceramah; Tanya jawab; Diskusi; Penugasan; Kerja kelompok; Refleksi



F.    Langkah Pembelajaran :
o   Pendahuluaan

§  Siswa membaca do’a dilanjutkan membaca beberapa ayat Al-Qur’an.

§  Guru menjelaskan kompetensi yang harus dicapai siswa dalam kegiatan pembelajaran
§  Guru menanyakan tujuan dan manfaat mempelajari al-Qur’an

o   Kegiatan Inti
§  Studi pustaka untuk menggali materi yang berkaitan dengan isi pokok  al-Qur’an
§  Siswa dibagi menjadi  beberapa kelompok
§  Masing-masing kelomok melaksanakan tanya jawab tentang isi pokok  al-Qur’an secara garis besar.
§  Membahas satu persatu dari masing-masing isi pokok  al-Qur’an 
§  Menyimpulkan hasil diskusi kelompok.

o   Penutup
§  Siswa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru secara lisan.
§  Guru memberikan motivasi kepada siswa untuk memperbanyak membaca al-Qur’an.
§  Guru memberikan tugas mengerjakan soal yang telah disiapkan.
§  Refleksi/Aplikasi Quantum.
§  Guru bersama siswa mengumandangkan syair/do’a senandung Al-Qur’an secara khidmat

G.   Sumber Belajar :
§  Buku pelajaran siswa
§  Depag. Al-Qur’an dan Terjemahannya
§  Masyfuk Zuhdi,Pengantar ulumul Qur'an
§  M. Quraish Shihab, Membumikan al-Qur'an 
§  Referensi perpustakaan
§  Internet

H.   Penilaian :
o   Penilaian  Proses
o   Penilaian Hasil
§  Jenis Tagihan:
     Tes Tulis
     Tugas
§  Bentuk instrumen
     Tes Subyektif
     Tugas Individual



Mengetahui,
Kepala MA



……………………………

…………….. ……..,  20…..
Guru Mata Pelajaran



……………………………

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Satuan Pendidikan      :  Madrasah Aliyah
Mata Pelajaran              :  Qur'an Hadits
Kelas/Semester            :  X / Ganjil
Alokasi Waktu               : 2 jam pelajaran


A.   Standar Kompetensi:
2.      Memahami isi pokok ajaran al-Qur’an

B.   Kompetensi  Dasar
2.2    Menunjukkan ayat yang terkait dengan isi pokok ajaran al-Qur’an

C.   Indikator Keberhasilan Belajar :
§  Membaca masing-masing ayat secara  fasih.
§  Menyebutkan makna mufrodat masing-masing ayat yang terkait dengan isi pokok al-Qur’an
§  Mengartikan -QS Al-Ikhlash:1-4
§  Mengartikan QS Al-Fatihah:5
§  MengartikanQS.Al-Qalam:4 dan QSAl-Ahzab:21
§  MengartikanQS An Nisa’:105
§  MengartikanQS Al-Furqan : 37-39
§  MengartikanQS Az-Zumar:9.

D.   Materi Pembelajaran :
§  QS Al-Ikhlash:1-4
§  QS Al-Fatihah:5
§  QS.Al-Qalam:4 dan QS Al-Ahzab:21
§  QS An Nisa’:105
§  QS Al-Furqan : 37-39
§  QS Az-Zumar:9

E.   Metode Pembelajaran
§  Model       :  Kooperatif Learning (Small Group Discussion)
§  Metode     : Ceramah; Tanya jawab; Diskusi; Penugasan; Kerja kelompok; Refleksi



F.    Langkah Pembelajaran :
o   Pendahuluaan

§  Siswa membaca do’a dilanjutkan membaca beberapa ayat Al-Qur’an.

§  Guru menjelaskan kompetensi yang harus dicapai siswa dalam kegiatan pembelajaran
§  Guru menanyakan tujuan dan manfaat mempelajari al-Qur’an

o   Kegiatan Inti
§  Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok.
§  Masing-masing kelompok membaca ayat tentang poko isi al-Qur’an dan  saling menyimak sambil membetulkan bacaan apabila ada bacaan yang salah.
§  Tanya jawab makna mufrodat ayat
§  Secara berpasangan siswa saling menyimak untuk mengartikan masing-masing ayat yang terkait dengan isi pokok al-Qur’an

o   Penutup
§  Siswa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru secara lisan.
§  Guru memberikan motivasi kepada siswa untuk memperbanyak membaca al-Qur’an.
§  Guru memberikan tugas mengerjakan soal yang telah disiapkan.
§  Refleksi/Aplikasi Quantum.
§  Guru bersama siswa mengumandangkan syair/do’a senandung Al-Qur’an secara khidmat

G.   Sumber Belajar :
§  Buku pelajaran siswa
§  Depag. Al-Qur’an dan Terjemahannya
§  Masyfuk Zuhdi,Pengantar ulumul Qur'an
§  M. Quraish Shihab, Membumikan al-Qur'an 
§  Referensi perpustakaan
§  Internet

H.   Penilaian :
o   Penilaian  Proses
o   Penilaian Hasil
§  Jenis Tagihan:
     Tes Tulis
     Tugas
§  Bentuk instrumen
     Tes Subyektif
     Tugas Individual



Mengetahui,
Kepala MA



……………………………

…………….. ……..,  20…..
Guru Mata Pelajaran



……………………………

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Satuan Pendidikan      :  Madrasah Aliyah
Mata Pelajaran              :  Qur'an Hadits
Kelas/Semester            :  X / Ganjil
Alokasi Waktu               : 2 jam pelajaran


A.   Standar Kompetensi:
2.      Memahami isi pokok ajaran al-Qur’an

B.   Kompetensi  Dasar
2.3    Menjelaskan kandungan ayat  yang terkait dengan isi pokok ajaran al-Qur’an

C.   Indikator Keberhasilan Belajar :
§  Menjelaskan kewajiban mengesa-kan Allah sebagaimana dalam QS Al-Ihlas:1-4
§  Menjelaskan kewajiban beribadah dan memohon pertolongan hanya kepada Allah dalam QS.Al-Fatihah:5
§  Menjelaskan kewajiban berakhlak baik dan meneladani akhlak Rasu-lullah dalam QS.al-Qalam:4 dan QS Al-Ahzab:21
§  Menjelaskan kisah-kisah para Nabi terdahulu dalam QS.Al-Qalam:4 dan QSAl-Ahzab:21
§  Menjelaskan isyarat mengembang-kan ilmu pengetahuan dalam QS Az-Zumar:9

D.   Materi Pembelajaran :
§  Penjelasan dari:
-    QS Al-Ikhlash:1-4
-    QS Al-Fatihah:5
-    QS.Al-Qalam:4 dan QSAl-Ahzab:21
-    QS An Nisa’:105
-    QS Al-Furqan : 37-39
-    QS Az-Zumar:9

E.   Metode Pembelajaran
§  Model       :  Kooperatif Learning (Small Group Discussion)
§  Metode     : Ceramah; Tanya jawab; Diskusi; Penugasan; Kerja kelompok; Refleksi

F.    Langkah Pembelajaran :
o   Pendahuluaan

§  Siswa membaca do’a dilanjutkan membaca beberapa ayat Al-Qur’an.

§  Guru menjelaskan kompetensi yang harus dicapai siswa dalam kegiatan pembelajaran
§  Guru menanyakan tujuan dan manfaat mempelajari al-Qur’an

o   Kegiatan Inti
§  Membaca literatur yang berkaitan dengan tafsir  al-Qur’an
§  Secara berkelompok mendiskusikan kandungan masing –masing ayat yang terkait dengan isi pokok al-Qur’an.
§  Menyimpulkan hasil diskusi

o   Penutup
§  Siswa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru secara lisan.
§  Guru memberikan motivasi kepada siswa untuk memperbanyak membaca al-Qur’an.
§  Guru memberikan tugas mengerjakan soal yang telah disiapkan.
§  Refleksi/Aplikasi Quantum.
§  Guru bersama siswa mengumandangkan syair/do’a senandung Al-Qur’an secara khidmat

G.   Sumber Belajar :
§  Buku pelajaran siswa
§  Depag. Al-Qur’an dan Terjemahannya
§  Hamka, Tafsir al-Azhar,Jakarta, Pustaka Panjimas 
§  K.H.Q.Shaleh. H.A.A. Dahlan. Asbabun Nuzul
§  M.Quraish Shihab,Tafsir al-Mishbah.
§  Referensi perpustakaan
§  Internet

H.   Penilaian :
o   Penilaian  Proses
o   Penilaian Hasil
§  Jenis Tagihan:
     Tes Tulis
     Tugas
§  Bentuk instrumen
     Tes Subyektif
     Tugas Individual





Mengetahui,
Kepala MA



……………………………

…………….. ……..,  20…..
Guru Mata Pelajaran



……………………………

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Satuan Pendidikan      :  Madrasah Aliyah
Mata Pelajaran              :  Qur'an Hadits
Kelas/Semester            :  X / Ganjil
Alokasi Waktu               : 2 jam pelajaran


A.   Standar Kompetensi:
2.      Memahami isi pokok ajaran al-Qur’an

B.   Kompetensi  Dasar
2.4    Menerapkan kandungan ayat yang terkait dengan isi pokok ajaran

C.   Indikator Keberhasilan Belajar :
§  Membuktikan dalam kehidupan untuk tidak melakukan perbuatan syirik.
§  Melaksanakan ibadah hanya karena Allah.
§  Menunjukkan sikap hanya kepada Allah memohon pertolongan.
§  Membiasakan berakhlak yang mulia dalam kehidupan.
§  Menggunakan al-Qur’an sebagai penegak hukum.
§  Menyimpulkan kisah-kisah para Nabi .
§  Melakukan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi

D.   Materi Pembelajaran :
§  Kandungan dari:
-    QS Al-Ikhlash:1-4
-    QS Al-Fatihah:5
-    QS.Al-Qalam:4 dan QSAl-Ahzab:21
-    QS An Nisa’:105
-    QS Al-Furqan : 37-39
-    QS Az-Zumar:9 

E.   Metode Pembelajaran
§  Model       :  Kooperatif Learning (Small Group Discussion)
§  Metode     : Ceramah; Tanya jawab; Diskusi; Penugasan; Kerja kelompok; Refleksi



F.    Langkah Pembelajaran :
o   Pendahuluaan

§  Siswa membaca do’a dilanjutkan membaca beberapa ayat Al-Qur’an.

§  Guru menjelaskan kompetensi yang harus dicapai siswa dalam kegiatan pembelajaran
§  Guru menanyakan tujuan dan manfaat mempelajari al-Qur’an

o   Kegiatan Inti
§  Membaca literatur untuk menggali kandungan ayat yang terkait dengan isi pokok al-Qur’an.
§  Siswa dibagi beberapa kelompok.
§  Memperhatikan beberpa kejadian di lingkungan masyarakat melalui beberapa sumber belajar.
§  Mendiskusikan bagaimana menerapkan kandungan  QS al-Ikhlash: 1-4; QS Al-Fatihah:5; QS.Al-Qalam:4 dan QSAl-Ahzab:21; QS An- Nisa’:105; QS Al-Furqan : 37-39; QS Az-Zumar:9 dalam kehidupan sehari-hari.

o   Penutup
§  Siswa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru secara lisan.
§  Guru memberikan motivasi kepada siswa untuk memperbanyak membaca al-Qur’an.
§  Guru memberikan tugas mengerjakan soal yang telah disiapkan.
§  Refleksi/Aplikasi Quantum.
§  Guru bersama siswa mengumandangkan syair/do’a senandung Al-Qur’an secara khidmat

G.   Sumber Belajar :
§  Buku pelajaran siswa
§  Depag. Al-Qur’an dan Terjemahannya
§  Hamka, Tafsir al-Azhar,Jakarta, Pustaka Panjimas 
§  K.H.Q.Shaleh. H.A.A. Dahlan. Asbabun Nuzul
§  M.Quraish Shihab,Tafsir al-Mishbah.
§  Referensi perpustakaan
§  Internet

H.   Penilaian :
o   Penilaian  Proses
o   Penilaian Hasil
§  Jenis Tagihan:
     Tes Tulis
     Tugas


§  Bentuk instrumen
     Tes Subyektif
     Tugas Individual





Mengetahui,
Kepala MA



……………………………

…………….. ……..,  20…..
Guru Mata Pelajaran



……………………………

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Satuan Pendidikan      :  Madrasah Aliyah
Mata Pelajaran              :  Qur'an Hadits
Kelas/Semester            :  X / Ganjil
Alokasi Waktu               : 2 jam pelajaran


A.   Standar Kompetensi:
3.      Memahami fungsi al-Qur'an dalam kehidupan

B.   Kompetensi  Dasar
3.1    Mendeskripsi-kan fungsi al-Qur’an

C.   Indikator Keberhasilan Belajar :
§  Menjelaskan  fungsi al-Qur’an bagi kehidupan manusia
§  Menguraikan fungsi al-Qur’an sebagai sumber hukum
§  Menjelaskan Fungsi al-Qur’an sebagai petunjuk
§  Menjelaskan fungsi al-Qur’an sebagai peringatan dan pelajaran

D.   Materi Pembelajaran :
§  Fungsi al-Qur'an sebagai :
-    Petunjuk bagi   manusia
-    Sumber hukum
-    peringatan dan pelajaran bagi manusia.

E.   Metode Pembelajaran
§  Model       :  Kooperatif Learning (Small Group Discussion)
§  Metode     : Ceramah; Tanya jawab; Diskusi; Penugasan; Kerja kelompok; Refleksi

F.    Langkah Pembelajaran :
o   Pendahuluaan

§  Siswa membaca do’a dilanjutkan membaca beberapa ayat Al-Qur’an.

§  Guru menjelaskan kompetensi yang harus dicapai siswa dalam kegiatan pembelajaran
§  Guru menanyakan tujuan dan manfaat mempelajari al-Qur’an

o   Kegiatan Inti
§  Membaca materi yang berkaitan dengan fungsi al-Qur’an
§  Tanya jawab tentang fungsi al-Qur'an secara garis besar.
§  Membahas satu persatu dari fungsi  al-Qur’an

o   Penutup
§  Siswa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru secara lisan.
§  Guru memberikan motivasi kepada siswa untuk memperbanyak membaca al-Qur’an.
§  Guru memberikan tugas mengerjakan soal yang telah disiapkan.
§  Refleksi/Aplikasi Quantum.
§  Guru bersama siswa mengumandangkan syair/do’a senandung Al-Qur’an secara khidmat

G.   Sumber Belajar :
§  Buku pelajaran siswa
§  Depag. Al-Qur’an dan Terjemahannya
§  M. Quraish Shihab, Membumikan al-Qur'an 
§  Referensi perpustakaan
§  Internet

H.   Penilaian :
o   Penilaian  Proses
o   Penilaian Hasil
§  Jenis Tagihan:
     Tes Tulis
     Tugas
§  Bentuk instrumen
     Tes Subyektif
     Tugas Individual



Mengetahui,
Kepala MA



……………………………

…………….. ……..,  20…..
Guru Mata Pelajaran



……………………………

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Satuan Pendidikan      :  Madrasah Aliyah
Mata Pelajaran              :  Qur'an Hadits
Kelas/Semester            :  X / Ganjil
Alokasi Waktu               : 2 jam pelajaran

A.   Standar Kompetensi:
3.      Memahami fungsi al-Qur'an dalam kehidupan

B.   Kompetensi  Dasar
3.2    Menunjukkan  perilaku orang yang menfungsikan al-Qur’an

C.   Indikator Keberhasilan Belajar :
§  Menjelaskan perilaku orang yang menggunakan al-Qur’an sebagai petunjuk.
§  Menunjukkan orang yang menyelesaikan masalah dengan berpedoman pada al-Qur’an.
§  Menceritakan pengalaman orang yang memperoleh peringatan dan pelajaran dari perbuatannya yang salah  setelah memahami kandungan ayat al-Qur’an

D.   Materi Pembelajaran :
§  Dalil fungsi al-Qur’an:
-    Sebagai petunjuk QS Al-Baqarah:185
-    Sumber hukum QS Al-Maidah:8
-    Peringatan dan pelajaran QS Asy-Syura:38

E.   Metode Pembelajaran
§  Model       :  Kooperatif Learning (Small Group Discussion)
§  Metode     : Ceramah; Tanya jawab; Diskusi; Penugasan; Kerja kelompok; Refleksi

F.    Langkah Pembelajaran :
o   Pendahuluaan

§  Siswa membaca do’a dilanjutkan membaca beberapa ayat Al-Qur’an.

§  Guru menjelaskan kompetensi yang harus dicapai siswa dalam kegiatan pembelajaran
§  Guru menanyakan tujuan dan manfaat mempelajari al-Qur’an

o   Kegiatan Inti
§  Secara klassikal siswa membaca ayat yang ter-kait dengan fungsi al-Qur’an
§  Tanya jawab makna mufradat secara berpasangan untuk mengartikan ayat yang terkait dengan isi pokok al-Qur’an 
§  Secara berkelompok mendiskusikan kandungan ayat yang terkait dengan isi pokok al-Qur’an

o   Penutup
§  Siswa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru secara lisan.
§  Guru memberikan motivasi kepada siswa untuk memperbanyak membaca al-Qur’an.
§  Guru memberikan tugas mengerjakan soal yang telah disiapkan.
§  Refleksi/Aplikasi Quantum.
§  Guru bersama siswa mengumandangkan syair/do’a senandung Al-Qur’an secara khidmat

G.   Sumber Belajar :
§  Buku pelajaran siswa
§  Depag. Al-Qur’an dan Terjemahannya
§  M. Quraish Shihab, Membumikan al-Qur'an 
§  Referensi perpustakaan
§  Internet

H.   Penilaian :
o   Penilaian  Proses
o   Penilaian Hasil
§  Jenis Tagihan:
     Tes Tulis
     Tugas
§  Bentuk instrumen
     Tes Subyektif
     Tugas Individual



Mengetahui,
Kepala MA



……………………………

…………….. ……..,  20…..
Guru Mata Pelajaran



……………………………

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Satuan Pendidikan      :  Madrasah Aliyah
Mata Pelajaran              :  Qur'an Hadits
Kelas/Semester            :  X / Ganjil
Alokasi Waktu               : 2 jam pelajaran

A.   Standar Kompetensi:
3.      Memahami fungsi al-Qur'an dalam kehidupan

B.   Kompetensi  Dasar
3.3    Menerapkan fungsi al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari

C.   Indikator Keberhasilan Belajar :
§  Menggunakan al-Qur’an sebagai petunjuk dalam menyelesaiakan masalah
§  Menerapkan  penyelesaian hukum berdasarkan al-Qur’an
§  Menceritakan pengalaman mengenai penyelesaian masalah yang dihadapi setelah membaca al-Qur’an sebagai peringatan.
§  Menceritakan pengalaman mengenai penyelesaian masalah yang dihadapi setelah membaca al-Qur’an sebagai peringatan.
§  Mengemukakan pengalaman bahwa al-Qur’an mengandung pelajaran untuk pedoman hidup

D.   Materi Pembelajaran :
§  Penjelasan/Tafsir dari:
-    QS Al-Baqarah:185
-    QS Al-Maidah:8
-    QS Asy- Syura:38

E.   Metode Pembelajaran
§  Model       :  Kooperatif Learning (Small Group Discussion)
§  Metode     : Ceramah; Tanya jawab; Diskusi; Penugasan; Kerja kelompok; Refleksi

F.    Langkah Pembelajaran :
o   Pendahuluaan

§  Siswa membaca do’a dilanjutkan membaca beberapa ayat Al-Qur’an.

§  Guru menjelaskan kompetensi yang harus dicapai siswa dalam kegiatan pembelajaran
§  Guru menanyakan tujuan dan manfaat mempelajari al-Qur’an
o   Kegiatan Inti
§  Secara berkelompok mendiskusikan penerapan kandungan masing –masing ayat yang terkait dengan isi pokok al-Qur’an

o   Penutup
§  Siswa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru secara lisan.
§  Guru memberikan motivasi kepada siswa untuk memperbanyak membaca al-Qur’an.
§  Guru memberikan tugas mengerjakan soal yang telah disiapkan.
§  Refleksi/Aplikasi Quantum.
§  Guru bersama siswa mengumandangkan syair/do’a senandung Al-Qur’an secara khidmat

G.   Sumber Belajar :
§  Buku pelajaran siswa
§  Depag. Al-Qur’an dan Terjemahannya
§  M. Quraish Shihab, Membumikan al-Qur'an 
§  Referensi perpustakaan
§  Internet

H.   Penilaian :
o   Penilaian  Proses
o   Penilaian Hasil
§  Jenis Tagihan:
     Tes Tulis
     Tugas
§  Bentuk instrumen
     Tes Subyektif
     Tugas Individual



Mengetahui,
Kepala MA



……………………………

…………….. ……..,  20…..
Guru Mata Pelajaran



……………………………

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Satuan Pendidikan      :  Madrasah Aliyah
Mata Pelajaran              :  Qur'an Hadits
Kelas/Semester            :  X / Ganjil
Alokasi Waktu               : 2 jam pelajaran


A.   Standar Kompetensi:
4.      Memahami cara-cara mencari suratdan ayat al-Qur'an

B.   Kompetensi  Dasar
4.1    Menunjukkan kitab-kitab yang berhubungan dengan cara-cara mencari ayat dalam Al-Qur’an

C.   Indikator Keberhasilan Belajar :
§  Menunjukkan kitab Mu'jam al-Mufahras li alfaadzil Qur'an
§  Menunjukkan kitab Fath ar-Rahman.
§  Menjelaskan cara menggunakan  kitab Fathurrahman  untuk mencari ayat-ayat dalam al-Qur’an.
§  Menjelaskan cara menggunakan Mu'jam al-Mufahras li alfadzil Qur'an untuk mencari ayat-ayat dalam al-Qur’an

D.   Materi Pembelajaran :
§  Penjelasan Kitab Mu'jam al-Mufahras li alfaadzil Qur'an dan  kitab Fath ar-Rahman.
§  Serta CD al-Qur'an

E.   Metode Pembelajaran
§  Model       :  Kooperatif Learning (Small Group Discussion)
§  Metode     : Ceramah; Tanya jawab; Diskusi; Penugasan; Kerja kelompok; Refleksi

F.    Langkah Pembelajaran :
o   Pendahuluaan

§  Siswa membaca do’a dilanjutkan membaca beberapa ayat Al-Qur’an.

§  Guru menjelaskan kompetensi yang harus dicapai siswa dalam kegiatan pembelajaran
§  Guru menanyakan tujuan dan manfaat mempelajari al-Qur’an


o   Kegiatan Inti

§  Mencari dan menunjukkan  kitab

§  Mu'jam al-Mufahras li alfaadzil Qur'an dan  kitab Fath ar-Rahman.
§  Mendengarkan cara mencari  ayat al-Qur'an dengaan menggunakan kitab Mu'jam al-Mufahras li alfaadzil Qur'an dan  kitab Fath ar-Rahman.
§  Tanya jawab tentang penggunaan kitab Mu'jam al-Mufahras li alfaadzil Qur'an dan  kitab Fath ar-Rahman.dalam mencari ayat

o   Penutup
§  Siswa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru secara lisan.
§  Guru memberikan motivasi kepada siswa untuk memperbanyak membaca al-Qur’an.
§  Guru memberikan tugas mengerjakan soal yang telah disiapkan.
§  Refleksi/Aplikasi Quantum.
§  Guru bersama siswa mengumandangkan syair/do’a senandung Al-Qur’an secara khidmat

G.   Sumber Belajar :
§  Buku pelajaran siswa
§  Depag. Al-Qur'an dan Terjemahannya
§  Al-Qur'anul Kariim
§  Muhammad Fuad Abdul aaqii, Mu'jam Al-Mufahras lialfaadzil qur'anul Karim.
§  Fath Ar-Rahman
§  CD al-Qur'an

H.   Penilaian :
o   Penilaian  Proses
o   Penilaian Hasil
§  Jenis Tagihan:
     Tes Tulis
     Tugas
§  Bentuk instrumen
     Tes Subyektif
     Tugas Individual

Mengetahui,
Kepala MA



……………………………

…………….. ……..,  20…..
Guru Mata Pelajaran



……………………………

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Satuan Pendidikan      :  Madrasah Aliyah
Mata Pelajaran              :  Qur'an Hadits
Kelas/Semester            :  X / Ganjil
Alokasi Waktu               : 2 jam pelajaran

A.   Standar Kompetensi:
4.      Memahami cara-cara mencari suratdan ayat al-Qur'an

B.   Kompetensi  Dasar
4.2    Menerapkan cara-cara mencari surat dan ayat dalam Al-Qur’an

C.   Indikator Keberhasilan Belajar :
§  Menunjukkan ayat yang  dicari dengan menggunakan kitab Mu'jam al-Mufahras li alfaadzil Qur'an dan  kitab Fath ar-Rahman

D.   Materi Pembelajaran :
§  Cara menggunakan Kitab Mu'jam al-Mufahras li alfaadzil Qur'an dan kitab Fath ar-Rahman.
§  CD al-Qur'an.

E.   Metode Pembelajaran
§  Model       :  Kooperatif Learning (Small Group Discussion)
§  Metode     : Ceramah; Tanya jawab; Diskusi; Penugasan; Kerja kelompok; Refleksi

F.    Langkah Pembelajaran :
o   Pendahuluaan

§  Siswa membaca do’a dilanjutkan membaca beberapa ayat Al-Qur’an.

§  Guru menjelaskan kompetensi yang harus dicapai siswa dalam kegiatan pembelajaran
§  Guru menanyakan tujuan dan manfaat mempelajari al-Qur’an

o   Kegiatan Inti
§  Secara berkelompok mempraktekkan  mencari beberapa ayat yang ditugaskan guru dengan menggunakan kitab Mu'jam al-Mufahras li alfaadzil Qur'an dan  kitab Fath ar-Rahman

o   Penutup
§  Siswa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru secara lisan.
§  Guru memberikan motivasi kepada siswa untuk memperbanyak membaca al-Qur’an.
§  Guru memberikan tugas mengerjakan soal yang telah disiapkan.
§  Refleksi/Aplikasi Quantum.
§  Guru bersama siswa mengumandangkan syair/do’a senandung Al-Qur’an secara khidmat

G.   Sumber Belajar :
§  Buku pelajaran siswa
§  Depag. Al-Qur'an dan Terjemahannya
§  Al-Qur'anul Kariim
§  Muhammad Fuad Abdul aaqii, Mu'jam Al-Mufahras lialfaadzil qur'anul Karim.
§  Fath Ar-Rahman
§  CD al-Qur'an

H.   Penilaian :
o   Penilaian  Proses
o   Penilaian Hasil
§  Jenis Tagihan:
     Tes Tulis
     Tugas
§  Bentuk instrumen
     Tes Subyektif
     Tugas Individual



Mengetahui,
Kepala MA



……………………………

…………….. ……..,  20…..
Guru Mata Pelajaran



……………………………

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Satuan Pendidikan      :  Madrasah Aliyah
Mata Pelajaran              :  Qur'an Hadits
Kelas/Semester            :  X / Ganjil
Alokasi Waktu               : 2 jam pelajaran


A.   Standar Kompetensi:
5.      Memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang manusia dan tugasnya sebagai khalifah di bumi

B.   Kompetensi  Dasar
5.1    Mengartikan QS. Al-Mukminun:12-14; QS. Al-Nahl:78; QS.Al-Baqarah:30 dan QS Adz-Dzariyat: 56

C.   Indikator Keberhasilan Belajar :
§  Membaca QS. Al-Mukminun:12-14;
§  Membaca QS. Al-Nahl:78;
§  Membaca QS.Al-Baqarah:30
§  Membaca QS Adz-Dzariyat: 56
§  Menyebutkan makna mufradat
§  Mengartikan QS. Al-Mukminun:12-14
§  Mengartikan QS. Al-Nahl:78
§  MengartiakanQS.Al-Baqarah:30
§  Mengartikan  QS Adz-Dzariyat: 56

D.   Materi Pembelajaran :
§  QS. Al-Mukminun:12-14,
§  QS. Al-Nahl:78;
§  QS.Al-Baqarah:30
§  QS Adz-Dzariyat: 56

E.   Metode Pembelajaran
§  Model       : Kooperatif Learning (Student Group)
§  Metode     : Ceramah; Tanya jawab; Diskusi; Penugasan; Kerja kelompok; Refleksi

F.    Langkah Pembelajaran :
  • Pendahuluaan

§  Siswa membaca do’a dilanjutkan membaca beberapa ayat Al-Qur’an.

§  Guru menjelaskan kompetensi yang harus dicapai siswa dalam kegiatan pembelajaran
§  Guru menanyakan apa fungsi dan tugas manusia diciptakan Allah(sebagai motivasi)

  • Kegiatan Inti

§  Siswa dibagi beberapa kelompok. Setiap kelompok 4 siswa.

§  Setiap siswa pada masing-masing kelompok membaca ayat bergantian dan saling menyimak  serta membetulkan bacaan apabila ada bacaan teman yang kurang tepat

§  Masing-masing siswa mempelajari makna mufrodat. Apabila ada yang tidak faham dapat ditanyakan kepada teman atau guru.

§  Siswa dibagi dalam kelompok kecil dua orang berpasangan.

§  Masing-masing mempelajari arti dari tiap-tiap ayat.

§  Selanjutnya secara bergantian saling menilai kemampuan mengartikan ayat dengan penilaian teman sebaya.

§  untuk mengartikan masing-masing ayat yang terkait dengan manusia dan tugasnya sebagai khalifah

§  Tanya jawab dengan guru apabila ada ayat yang belum dipahami.

§  Siswa mengerjakan soal.


  • Penutup

§  Guru memberikan tugas mengerjakan soal yang telah disiapkan.

§  Refleksi/Aplikasi Quantum.

§  Guru bersama siswa mengumandangkan lagu “ Tombo ati iku lima wernane”


G.   Sumber Belajar :
§  Buku pelajaran siswa
§  Depag. Al-Qur'an dan terjemahannya
§  Hamka, Tafsir al-Azhar,Jakarta, Pustaka Panjimas
§  Humaidi Tata Pangarsa, Akhlak Mulia
§  M.Quraish Shihab,Tafsir al-Mishbah.
§  Referensi perpustakaan
§  Internet
§  Lingkungan sosial
§  Media audio visual
§  Media cetak
    
H.   Penilaian
o   Penilaian  Proses
o   Penilaian Hasil
§   Jenis Tagihan:
     Tes Tulis
     Tugas

§   Bentuk instrumen
     Tes Subyektif
     Tugas Individual



Mengetahui,
Kepala MA



……………………………

…………….. ……..,  20…..
Guru Mata Pelajaran



……………………………

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Satuan Pendidikan      :  Madrasah Aliyah
Mata Pelajaran              :  Qur'an Hadits
Kelas/Semester            :  X / Ganjil
Alokasi Waktu               : 2 jam pelajaran


A.   Standar Kompetensi:
5.      Memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang manusia dan tugasnya sebagai khalifah di bumi

B.   Kompetensi  Dasar
5.2    Menjelaskan kandungan QS. Al-Mukminun:12-14; QS. Al-Nahl:78; QS.Al-Baqarah:30 dan QS Adz-Dzariyat: 56

C.   Indikator Keberhasilan Belajar :
§  Menjelaskan kandungan ayat tentang perkembangan kejadian manusia sebagaimana terkandung dalam QS. Al-Mukminun:12-14
§  Menjelaskan kandungan ayat tentang potensi manusia seperti terkandung dalam QS An-Nahl:78
§  Menjelaskan kandungan ayat tentang fungsi manusia sebagai khalifah sebagaimana yang terkandung dalam  QS.Al-Baqarah:30
§  Menjelaskan kandungan ayat tentang tugas manusia sebagaimana terkandung dalam QS Adz-Dzariyat: 56

D.   Materi Pembelajaran :
§  Kandungan QS. Al-Mukminun:12-14; QS. Al-Nahl:78; QS.Al-Baqarah:30 dan QS Adz-Dzariyat: 56

E.   Metode Pembelajaran
§  Model       : Kooperatif Learning (Student Group)
§  Metode     : Ceramah; Tanya jawab; Diskusi; Penugasan; Kerja kelompok; Refleksi

F.    Langkah Pembelajaran :
  • Pendahuluaan

§  Siswa membaca do’a dilanjutkan membaca beberapa ayat Al-Qur’an.

§  Guru menjelaskan kompetensi yang harus dicapai siswa dalam kegiatan pembelajaran
§  Guru menanyakan apa fungsi dan tugas manusia diciptakan Allah(sebagai motivasi)


  • Kegiatan Inti

§  Menggali informasi mengenai proses penciptaan manudsia dan  potensinya dari berbagai sumber belajar.

§  Menggali informasi tentang  fungsi dan tugas manusia.

§  Membahas satu persatu kandungan QS. Al-Mukminun:12-14; QS. Al-Nahl:78; QS.Al-Baqarah:30 dan QS Adz-Dzariyat: 56 dengan tanya jawab dan diskusi kelompok.


  • Penutup

§  Guru memberikan tugas mengerjakan soal yang telah disiapkan.

§  Refleksi/Aplikasi Quantum.

§  Guru bersama siswa mengumandangkan lagu “ Tombo ati iku lima wernane”


G.   Sumber Belajar :
§  Buku pelajaran siswa
§  Depag. Al-Qur'an dan terjemahannya
§  Hamka, Tafsir al-Azhar,Jakarta, Pustaka Panjimas
§  Humaidi Tata Pangarsa, Akhlak Mulia
§  M.Quraish Shihab,Tafsir al-Mishbah.
§  Referensi perpustakaan
§  Internet
§  Lingkungan sosial
§  Media audio visual
§  Media cetak
    
H.   Penilaian
o   Penilaian  Proses
o   Penilaian Hasil
§   Jenis Tagihan:
     Tes Tulis
     Tugas
§   Bentuk instrumen
     Tes Subyektif
     Tugas Individual

Mengetahui,
Kepala MA


……………………………

…………….. ……..,  20…..
Guru Mata Pelajaran


……………………………


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Satuan Pendidikan      :  Madrasah Aliyah
Mata Pelajaran              :  Qur'an Hadits
Kelas/Semester            :  X / Ganjil
Alokasi Waktu               : 2 jam pelajaran


A.   Standar Kompetensi:
5.      Memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang manusia dan tugasnya sebagai khalifah di bumi

B.   Kompetensi  Dasar
5.3    Menerapkan perilaku sebagai khalifah di bumi seperti terkandung dalam QS. Al-Mukminun:12-14; QS. Al-Nahl:78; QS.Al-Baqarah:30 dan QS Adz-Dzariyat: 56

C.   Indikator Keberhasilan Belajar :
§  Senantiasa berperilaku baik yang didasari kesadaran akan kehadiran Allah yang dipetik dari kandungan QS. Al-Mu’minun: 12-14
§  Menggunakan beberapa potensi yang ada pada diri manusia (pendengaran, penglihatan dan hati) sesuai ajaran Islam
§  Menggunakan sumber alam sebagai bukti melaksanakan kemakmuran di muka bumi.
§  Mengembangkan nilai budaya dengan mempertahankan nilai-nilai Islam.
§  Membiasakan diri  melaksanakan perintah dan menjahui larangan.
§  Menerapkan peningkatan kualitas ibadah pada setiap harinya

D.   Materi Pembelajaran :
§  Fungsi manusia sebagai kholifah:
-       Membudayakan alam.
-       Mengislamkan budaya.
§  Tugas manusia beribadah:
-       Melaksanakan perintah dan menjahui larangan Allah
-       Meningkatkan kualitas ibadah

E.   Metode Pembelajaran
§  Model       : Kooperatif Learning (Student Group)
§  Metode     : Ceramah; Tanya jawab; Diskusi; Penugasan; Kerja kelompok; Refleksi


F.    Langkah Pembelajaran :
  • Pendahuluaan

§  Siswa membaca do’a dilanjutkan membaca beberapa ayat Al-Qur’an.

§  Guru menjelaskan kompetensi yang harus dicapai siswa dalam kegiatan pembelajaran
§  Guru menanyakan apa fungsi dan tugas manusia diciptakan Allah(sebagai motivasi)

  • Kegiatan Inti

§  Secara berkelompok mengadakan simulasi bagaimana menerapkan  kandungan masing –masing ayat.

-    QS. Al-Mukminun:12-14; QS. Al-Nahl:78; QS.Al-Baqarah:30 dan QS Adz-Dzariyat: 56

§  Mengambil kesimpulan setelah bersimulasi dan diskusi mengenai penerapan dari kandungan masing-masing ayat


  • Penutup

§  Guru memberikan tugas mengerjakan soal yang telah disiapkan.

§  Refleksi/Aplikasi Quantum.

§  Guru bersama siswa mengumandangkan lagu “ Tombo ati iku lima wernane”


G.   Sumber Belajar :
§  Buku pelajaran siswa
§  Depag. Al-Qur'an dan terjemahannya
§  Hamka, Tafsir al-Azhar,Jakarta, Pustaka Panjimas
§  Humaidi Tata Pangarsa, Akhlak Mulia
§  M.Quraish Shihab,Tafsir al-Mishbah.
§  Referensi perpustakaan
§  Internet
§  Lingkungan sosial
§  Media audio visual
§  Media cetak
    
H.   Penilaian
o   Penilaian  Proses
o   Penilaian Hasil
§   Jenis Tagihan:
     Tes Tulis
     Tugas


§   Bentuk instrumen
     Tes Subyektif
     Tugas Individual



Mengetahui,
Kepala MA



……………………………

…………….. ……..,  20…..
Guru Mata Pelajaran



……………………………


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Satuan Pendidikan      :  Madrasah Aliyah
Mata Pelajaran              :  Qur'an Hadits
Kelas/Semester            :  X / Ganjil
Alokasi Waktu               : 2 jam pelajaran


A.   Standar Kompetensi:
6.      Memahami ayat-ayat Al-Qur’an  tentang Demokrasi

B.   Kompetensi  Dasar
6.1    Mengartikan QS.Ali Imran 159 dan QS. Asy Syura: 38

C.   Indikator Keberhasilan Belajar :
§  Membaca QS.Ali Imran 159
§  Membaca QS. Asy Syura: 38
§  Menyebutkan makna mufrodat
§  Mengartikan  QS.Ali Imran 159
§  Mengartikan QS. Asy Syura: 38

D.   Materi Pembelajaran :
§  Arti QS.Ali Imran 159 dan QS. Asy Syura: 38

E.   Metode Pembelajaran
§  Model       : Kooperatif Learning (Student Group)
§  Metode     : Ceramah; Tanya jawab; Diskusi; Penugasan; Kerja kelompok; Refleksi

F.    Langkah Pembelajaran :
  • Pendahuluaan

§  Siswa membaca do’a dilanjutkan membaca beberapa ayat Al-Qur’an.

§  Guru menjelaskan kompetensi yang harus dicapai siswa dalam kegiatan pembelajaran
§  Guru menanyakan apa fungsi dan tugas manusia diciptakan Allah(sebagai motivasi)

  • Kegiatan Inti
§  Membaca ayat tentang demokrasi.
§  Tanya jawab makna mufrodat secara klassikal.
§  Secara berpasangan siswa saling menyimak untuk mengartikan masing-masing ayat yang terkait dengan demokrasi

  • Penutup

§  Guru memberikan tugas mengerjakan soal yang telah disiapkan.

§  Refleksi/Aplikasi Quantum.


G.   Sumber Belajar :
§  Buku pelajaran siswa
§  Depag. Al-Qur'an dan terjemahannya
§  Mahmud Yunus,Kamus Bahasa Arab.
§  Referensi perpustakaan
    
H.   Penilaian
o   Penilaian  Proses
o   Penilaian Hasil
§   Jenis Tagihan:
     Tes Tulis
     Tugas
§   Bentuk instrumen
     Tes Subyektif
     Tugas Individual



Mengetahui,
Kepala MA



……………………………

…………….. ……..,  20…..
Guru Mata Pelajaran



……………………………


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Satuan Pendidikan      :  Madrasah Aliyah
Mata Pelajaran              :  Qur'an Hadits
Kelas/Semester            :  X / Ganjil
Alokasi Waktu               : 2 jam pelajaran

A.   Standar Kompetensi:
6.      Memahami ayat-ayat Al-Qur’an  tentang Demokrasi

B.   Kompetensi  Dasar
6.2    Menjelaskan kandungan QS.Ali Imran  159 dan QS. Asy Syura : 38

C.   Indikator Keberhasilan Belajar :
§  Menjelaskan kandungan ayat tentang sikap pemimpin yang lemah lembut  sebagaimana terkandung dalam QS. Ali Imran 159 
§  Menjelaskan kandungan ayat tentang sikap pemaaf sebagaimana terkandung dalam QS. Ali Imran 159 
§  Menjelaskan kandungan ayat tentang sikap tawakkal setelah bermusyawarah sebagaimana terkandung dalam QS. Ali Imran 159 
§  Menjelaskan kandungan ayat tentang pelaksanaan musyawarah sebagaimana terkandung dalam QS. Asy-Syura:38

D.   Materi Pembelajaran :
§  Kandungan QS.Ali Imran 159 dan QS. Asy Syura: 38

E.   Metode Pembelajaran
§  Model       : Kooperatif Learning (Student Group)
§  Metode     : Ceramah; Tanya jawab; Diskusi; Penugasan; Kerja kelompok; Refleksi

F.    Langkah Pembelajaran :
  • Pendahuluaan

§  Siswa membaca do’a dilanjutkan membaca beberapa ayat Al-Qur’an.

§  Guru menjelaskan kompetensi yang harus dicapai siswa dalam kegiatan pembelajaran
§  Guru menanyakan apa fungsi dan tugas manusia diciptakan Allah(sebagai motivasi)

  • Kegiatan Inti
o   Menggali informasi mengenai demokrasi dan pelaksanaannya dari berbagai sumber belajar.

§  Membahas satu persatu kandungan QS. Ali Imran 159 dan QS. Asy Syura: 38.dengan tanya jawab dan diskusi kelompok


  • Penutup

§  Guru memberikan tugas mengerjakan soal yang telah disiapkan.

§  Refleksi/Aplikasi Quantum.


G.   Sumber Belajar :
§  Buku pelajaran siswa
§  Depag. Al-Qur'an dan terjemahannya
§  Mahmud Yunus,Kamus Bahasa Arab.
§  Referensi perpustakaan
    
H.   Penilaian
o   Penilaian  Proses
o   Penilaian Hasil
§   Jenis Tagihan:
     Tes Tulis
     Tugas

§   Bentuk instrumen
     Tes Subyektif
     Tugas Individual


Mengetahui,
Kepala MA



……………………………

…………….. ……..,  20…..
Guru Mata Pelajaran



……………………………


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Satuan Pendidikan      :  Madrasah Aliyah
Mata Pelajaran              :  Qur'an Hadits
Kelas/Semester            :  X / Ganjil
Alokasi Waktu               : 2 jam pelajaran

A.   Standar Kompetensi:
6.      Memahami ayat-ayat Al-Qur’an  tentang Demokrasi

B.   Kompetensi  Dasar
6.3    Menerapkan  perilaku hidup demokrasi seperti terkandung dalam QS.Ali Imran  159 dan QS. Asy Syura: 38. dalam kehidupan sehari-hari

C.   Indikator Keberhasilan Belajar :
§  Bersikap menghargai pendapat orang lain
§  Menampilkan perilaku lembah lembut dalam menyelesaikan masalah.
§  Melaksanakan musyawarah dalam mengambil keputusan pada saat menyelesaikan masalah.
§  Bersikap bijaksana dalam dalam mengambil keputusan
§  Menerapkan hasil keputusan musyawarah secara bertanggungjawab.
§  Melaksanakan hasil kesepakatan musyawarah dengan  bertawakkal kepada Allah

D.   Materi Pembelajaran :
§  Perilaku hidup demokrasi dengan cara diantaranya:
§  Bersikap lemah lembut
§  Melaksanakan musyawarah
§  Menerpkan hasil kesepakatan musyawarah

E.   Metode Pembelajaran
§  Model       : Kooperatif Learning (Student Group)
§  Metode     : Ceramah; Tanya jawab; Diskusi; Penugasan; Kerja kelompok; Refleksi

F.    Langkah Pembelajaran :
  • Pendahuluaan

§  Siswa membaca do’a dilanjutkan membaca beberapa ayat Al-Qur’an.

§  Guru menjelaskan kompetensi yang harus dicapai siswa dalam kegiatan pembelajaran
§  Guru menanyakan apa fungsi dan tugas manusia diciptakan Allah(sebagai motivasi)

  • Kegiatan Inti

§  Secara berkelompok berdiskusi bagaimana menerapkan  kandungan masing –masing ayat dari QS.Ali Imran  159 dan QS. Asy Syura: 38.

§  Mengambil kesimpulan setelah berdiskusi mengenai penerapan dari kandungan masing-masing ayat


  • Penutup

§  Guru memberikan tugas mengerjakan soal yang telah disiapkan.

§  Refleksi/Aplikasi Quantum.


G.   Sumber Belajar :
§  Buku pelajaran siswa
§  Depag. Al-Qur'an dan terjemahannya
§  Mahmud Yunus,Kamus Bahasa Arab.
§  Referensi perpustakaan
    
H.   Penilaian
o   Penilaian  Proses
o   Penilaian Hasil
§   Jenis Tagihan:
     Tes Tulis
     Tugas

§   Bentuk instrumen
     Tes Subyektif
     Tugas Individual


Mengetahui,
Kepala MA



……………………………

…………….. ……..,  20…..
Guru Mata Pelajaran



……………………………